Monday, 28 May 2018 mondayreview

Aksi Teror di London Bak Film 'London Has Fallen'


Aksi teror terjadi di dekat Gedung Parlemen Inggris, London pada Rabu (22/3) siang waktu setempat atau sekitar pukul 21.30 WIB.

Aksi Teror London/The Sun

MONDAYREVIEW.COM, London - Aksi teror terjadi di dekat Gedung Parlemen Inggris, London pada Rabu (22/3) siang waktu setempat atau sekitar pukul 21.30 WIB.

Aksi tersebut pun bak adegan dalam film London Has Fallen yang dibintangi Gerard Butler. Film garapan sutradara Babak Najafi yang dirilis Maret 2016 itu menggambarkan London di bawah cengkraman aksi terorisme.





Aksi teror ini mengakibatkan lima orang tewas, termasuk pelaku, dan 40 orang dilaporkan terluka. Serangan ini terjadi sangat cepat, bahkan membuat pihak keamanan Gedung Parlemen dibuat panik. Pasalnya, saat kejadian berlangsung Perdana Menteri Inggris Theresa May sedang berada di dalam gedung.

Serangan tersebut bermula dari aksi tabrak lari pelaku yang melintas di Jembatan Westminster. Sadis, dia menabrak pejalan kaki dan mereka yang naik sepeda tanpa ampun. Para korban tergeletak di jalan dan beberapa terlempar ke Sungai Thames. Pelaku kemudian turun dari mobil setelah menabrakkan mobilnya ke pintu gerbang Gedung Parlemen.





Begitu mobil berhenti, pelaku turun dari mobil dan menusuk seorang polisi yang berjaga di Gedung Parlemen. Namun pelaku tidak bisa beraksi lebih lama lagi. Polisi yang sedang berjaga pun langsung melumpuhkan si pelaku dengan timah panas.

Menurut PM Theresa May, aksi ini merupakan serangan teroris yang terencana. "Ini bukan insiden, aksi terorisme ini sudah menusuk jantung ibu kota kami," ujar May yang saat kejadian langsung diamankan ke luar gedung parlemen.

Pelaku pun akhirnya meninggal di rumah sakit setelah ditembak polisi. Polisi pun menduga aksi ini terinspirasi dari aksi-aksi terorisme internasional.