Monday, 25 Jun 2018 mondayreview

Ancaman Terorisme Dapat Diatasi Melalui Kerjasama Internasional yang Efektif


Saat ini regionalisasi kelompok terorisme semangat menguat.

Istimewa.

MONDAYREVIEW.COM – Saat ini regionalisasi kelompok terorisme semangat menguat.  Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya kelompok teroris lokal yang berafiliasi kepada ISIS.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P. Marsudi usai pertemuan bilateral dengan Menlu Inggris Boris Johnson di London, Inggris (13/7).

Retno mengatakan bahwa kedua negara ini sepakat akan meningkatkan kerjasama pencegahan pendanaan terorisme. Hal ini mendesak untuk dilakukan karena ancaman terorisme semakin meningkat di berbagai belahan dunia. “Ancaman terorisme hanya dapat diatasi melalui kerjasama internasional yang efektif,” katanya.

Lebih lanjut Retno mengungkapkan bahwa kerja sama yang dibangun termasuk melalui penguatan aturan hukum terkait terorisme menjadi penting.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Menlu juga menyampaikan harapan agar kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara dapat terus ditingkatkan. Saat ini Pemerintah Inggris tengah menjalani negosiasi keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Kedua Menlu sepakat pentingnya untuk meningkatkan intensitas kerja ekonomi yang saling menguntungkan pasca Brexit. "Kedua Menlu sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, ekonomi kreatif dan pendidikan," ujarnya.

Pada pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap pada Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019 - 2020.  Menanggapi hal ini, Menlu Inggris melihat Indonesia sebagai negara yang memainkan peranan aktif dan berkontribusi menjaga perdamaian di kawasan maupun dunia.