Sunday, 22 Apr 2018 mondayreview

17 Oktober, Hari Internasional Pemberantasan Kemiskinan


Pencetus lahirnya gerakan pemberantasan kemiskinan tersebut adalah Joseph Wresinski.

Ilustrasi (social work helper)

MONDAYREVIEW.COM - Sejarah dan peristiwa penting tanggal 17 Oktober berkaitan dengan upaya dunia internasional menghentikan kemiskinan. Dilansir dari situs United Nations disebutkan bahwa tanggal 17 Oktober adalah International Day for the Eradication of Poverty atau dalam bahasa Indonesia adalah Hari Internasional Pemberantasan Kemiskinan.

Pencetus lahirnya gerakan pemberantasan kemiskinan tersebut adalah Joseph Wresinski. Pada tanggal 17 Oktober 1987 kegiatan peresmian hari pemberantasan kemiskinan di Paris, dalam peresmian itu sendiri dihadiri sekitar 100.000 orang yang terdiri dari pembela HAM serta warga sipil.

Acara peresmian sendiri pada tahun tersebut diisi dengan memberikan sumbangan dan penghormatan kepada korban kelaparan dan kekerasan. Massa berkumpul dan berkomitmen untuk menjaga solidaritas masyarakat dunia, dan berusaha memberantas kemiskinan di dunia.

Bukti peresmian hari pemberantasan kemiskinan dengan adanya batu yang berisi tulisan Joseph Wresinski yang berisi penegasan akan pemberantasan kemiskinan. Tulisan itu sendiri seakan menjelaskan latar belakang kehidupan Joseph Wresinski yang hidup dalam kemiskinan bersama keluarganya, dalam hidupnya dia berusaha mengatasi rasa malu dan pengucilan sosial.

Cetusan Joseph Wresinski berhasil diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan masuk ke dalam program Agenda PBB pembangunan berkelanjutan 2030. Program tersebut menetapkan pengentasan kemiskinan secara menyeluruh dan obyektif dan mewajibkan semua negara mengakhiri kemiskinan.