Monday, 22 Oct 2018 mondayreview

24 Oktober, Hari Lahir PBB


Secara resmi PBB mulai berlaku sejak 24 Oktober 1945 dan 24 Oktober 1948 mulai diadakannya perayaan hari ulang tahun PBB.

PBB (cnn)

MONDAYREVIEW.COM - Sejarah dan peristiwa penting tanggal 24 Oktober berkaitan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dilansir dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia mengenai hari-hari yang disepakati/ditetapkan oleh masing-masing lembaga atau komunitas tertentu dituliskan bahwa tanggal 24 Oktober diperngati sebagai hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hari PBB sendiri deperingati sebagai bentuk peringatan deklarasi piagam PBB pada tahun 1947. Namun sumber lain dari situs United Nations sendiri disebutkan bahwa secara resmi PBB mulai berlaku sejak 24 Oktober 1945 dan 24 Oktober 1948 mulai diadakannya perayaan hari ulang tahun PBB.

Sejarah awal penyusunan piagam PBB diawali dengan konferensi tahun 1945 di San Fransisco. Acara ini sendiri dihadiri oleh perwakilan dari 50 negara. Agenda yang dibahas pada konferensi tersebut adalah tentang organisasi Internasional dan penyusunan piagam PBB.

Konferensi PBB tahun 1945 sendiri dalam agenda penyusunan piagam PBB diisi dengan kegiatan pembahasan usulan yang sebelumnya dibuat oleh perwakilan dari China, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat pada Agustus 1944 di Dumbarton Oaks, Amerika Serikat. Kemudian Penandatanganan piagam PBB dilakukan pada tanggal 21 Juni 1945 yang ditandatangani oleh perwakilan dari 50 negara anggota.

Setelah proses ratifikasi piagam PBB yang dilakukanoleh China, Prancis, Uni Soviet, Inggris, Amerika Serikat dan oleh mayoritas penandatangan lainnya maka secara resmi mulai berlakunya PBB pada 24 Oktober 1945. Agenda perayaan hari PBB biasanya diisi dengan konser tahunan PBB, pertemuan, diskusi dan eksebisi.