Wednesday, 22 Aug 2018 mondayreview

5 Hal Penting Dilirik Sebelum Anda Membeli Gadget


Setiap waktu kita memperoleh informasi komersial tentang gadget baru yang dirilis. Sementara untuk berbagai keperluan kita harus memilikinya. Apa yang harus kita pertimbangkan agar kita tidak salah membeli gadget?

sumber foto : www.sinya.co.id

Bagi banyak orang, rasanya susah kalau hidup harus terpisah dari gadget. Baik untuk keperluan bisnis atau kerja maupun keperluan bersosialisasi. Guru-guru TK saja mengupdate berita tentang perkembangan dan tugas yang harus dilakukan muridnya melalui grup percakapan online. Menjadi keniscayaanlah bagi para wali murid untuk mengakses jalur komunikasi online yang tentunya memerlukan budget tersendiri untuk membeli piranti dan pulsa atau paket datanya.

Belum lagi untuk urusan kerja. Dari tukang ojek sampai penjual sayur juga dipermudah komunikasinya dengan gadget yang dipasang aplikasi tertentu. Apalagi pekerjaan kantoran, tentu saja komunikasi dilakukan baik internal dengan atasa atau kolega, juga dengan mitra bisnis atau pelanggan, banyak yang dilakukan dengan online alias mengandalkan gadget yang dimilikinya.   

Memilih gadget terutama smartphone terhitung gampang-gampang susah. Gampang karena di banyak tempat baik lapak konvensional maupun lapak online menyediakan beragam pilihan. Bisa beli kontan, banyak juga yang menawarkan sistem angsuran. Merk dan varian baro muncul baik yang low-end maupun high-end. Gadget yang menjadi ‘flagship’ akan cenderung mahal tetepai memiliki teknologi yang terkini dan terhandal. Namun, apakah kita akan membeli gengsi demi sebah gadget? Mari kita cermati 5 hal yang dirangkai Monday review.com untuk anda agar tidak menjadi korban perang dagang antar merk gadget di era digital ini :

  1. Keperluan. Keperluan atau kebutuhan adalah ciri seorang  pembelanja yang cerdas. Hingga dorongan membeli barang bukan karena keinginan belaka. Keinginan atau selera berbelanja bisa menjadi candu.  Dalam hal membeli gadget, kita harus mengidentifikasi kebutuhan secara spesifik. Akan lebih baik bila, hp atau smartphone yang kita beli memiliki fungsi yang optimal. Pendek kata, tidak hanya menguras isi kantong. Justru, kita harus bisa terbantu pekerjaan dan bisnis kita dengan gadget yang kita beli.
  2. Budget
Budget menjadi pertimbangan penting juga. Walau sekarang banyak gadget bisa dimiliki secara kredit, ada baiknya bila kita membelinya secara tunai mengingat gadget bukanlah barang yang memiliki nilai investasi. Gadget adalah barang konsumtif. Juga pulsa dan paket data yang harus kita beli. Punya plafon budget akan sangat menolong kita untuk tidak tergoda dengan pilihan di etalase alias lapak. Baik lapak online maupun etalase di konter hape.

Misal kita tetapkan budget dengan batasan ‘ Saya mau gadget dengan harga antara 1 juta hingga 2 juta “  Tentu kita akan semakin terarah pada pilihan yang sesuai dengan isi kocek dan mencegah kita jadi korban iklan  

  1. Pelajari spesifikasi
Dalam range harga yang sudah kita tetapkan kita akan dihadapkan pada spesifikasi. Tidak banyak konsumen yang well educated dan well informed tentang spesifikasi gadget yang dibelinya. Hal pertama yang harus dilihat adalah prosesor yang tertanam di gadget kita. Terkait dan selaras dengan processor kita lihat kapasitas RAM nya. Kombinasi prosessor dan RAM akan sangat berpengaruh terhaddap kemampuan gadget.  Prosessor dengan kemampuan besar dan RAM yang berkapasitas besar akan membuat kinerja gadget kita semakin oke. Makin cepat dan mampu melakukan berbagai tugas secara bersamaan alias multi-tasking dengan handal.  

  1. Daya tahan dan kehandalan
Walau masih terkait dengan spesifikasi, poin ini perlu mendapat perhatuan tersendiri. Material chasingnya menjadi salah satu perhatian utama bila anda menginginkan gadget yang ‘tahan banting’. Berikutnya adalah layar dan pelindung layar. Dengan mempertimbangkan kedua hal ini, kita bisa memperkirakan kehandalan gadget yang kita beli secara spesifik.

Kehandalan lain dari gadget terletak pada piranti lunak yang terinstall di dalamnya. Meski berbagai fitur aplikasi bisa diunduh bebas, namun gadget dengan perlindungan yang terpasang dan terupdate secara berkala dari produsennya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan kita menggunakannya.  

  1. Merk
Merk tetap menjadi pertimbangan karena sangat terkait dengan gengsi kita sebagai pengguna. Jauh lebih penting dari itu, merk memang menjanjikan layanan purna jual. Gadget dengan merk atau brand terkenal bisa dijual lagi dengan harga yang pantas dan mudah mecari peminatnya.  Layanan service center dari produsen gadget merk terkemuka biasanya juga lebih professional, tersedia di banyak tempat, dan menjamin kepuasan pelanggan termasuk dalam hal mengklaim garansi.