Monday, 28 May 2018 mondayreview

Sambut Ramadhan, Lazismu Luncurkan 4 Program Unggulan Pemberdayaan Zakat


Program-program selama ramadhan ini yang bervariasi diharapkan menjadi tulang punggung gerakan zakat dan dampaknya dapat dirasakan semua orang di mana pun berada.

Peluncuran Program Zakat Lazismu, Selasa, (15/5).

MONDAYREVIEW - Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu), meluncurkan Program dalam rangka menyambut Ramadan 1439 H. Program ini salah satu fokus kegiatan Lazismu yang serentak dilaksanakan secara nasional.

Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional, dalam momentum Ramadhan ini akan mengoptimalisasi penghimpunan zakat, infak dan sedekah dan menyalurkannnya kepada penerima manfaat yang tepat sasaran.

"Peran zakat hebat harus memberi ruang kepada setiap orang untuk berbagi,” ujar Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latief, di Jakarta (15/5/2018).

Pendistribusian melalui program Ramadhan ini menyasar bidang sosial, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi. Lazismu juga mendorong peran aktif komunitas hobi, profesi dan korporasi untuk berkolaborasi dalam mendistribusikan zakat di Ramadhan tahun ini.

Hilman menuturkan, pada Ramadhan ini, ada empat program unggulan, yang dicanangkan Lazismu, yakni Filantropis Cilik, Kado Ramadhan, Back to Masjid, dan Mudikmu Aman.

“Program-program selama ramadhan ini yang bervariasi diharapkan menjadi tulang punggung gerakan zakat dan dampaknya dapat dirasakan semua orang di mana pun berada. Di samping itu untuk mengurangi kesenjangan di wilayah-wilayah Indonesia,” kata Hilman Latief yang juga peneliti senior filantropi Islam.

Hilman berujar, program tersebut dicanangkan melihat masih banyak wilayah yang tidak tersentuh listrik, hal ini diwujudkan Lazismu dengan program Indonesia Terang di Timor Tengah Selatan (NTT) melalui elektrisasi lampu tenaga surya. 

“Adapun program Mudikmu Aman, untuk memberikan layanan dan memfasilitasi masyarakat yang lelah ketika mudik, bebernya. Sedangkan Filantropis Cilik adalah bagaimana mengedukasi anak-anak usia dini dengan zakat sebagai karakter berbagi di seluruh kantor layanan Lazismu di Indonesia," pungkas Hilman.

Tags