Monday, 25 Jun 2018 mondayreview

Pesantren Punya Peran Penting Tangkal Ekstrimisme


Dari paham yang salah akan mengakibatkan timbulnya ekstrimisme terorisme.

Diskusi bertajuk "peran pemerintah dan pesantren dalam penanggulangan ekstrimisme terorisme", di hotel Cemara, Jumat, (25/5)

MONDAYREVIEW - Koordinator Aliansi Pesantren for Peace (PFP), Jazilus Sakhok menyebut, Pesantren mempunyai peran penting dalam menangkal tersebarnya paham radikalisme ekstrimisme. Hal ini lantaran Pesantren menjadi sumber pembelajaran keislaman, karena terorisme lahir dari pemahaman yang salah.

"Dari paham yang salah itu akan mengakibatkan timbulnya  ekstrimisme terorisme," kata Jazilus, dalam diskusi bertajuk "peran pemerintah dan pesantren dalam penanggulangan ekstrimisme terorisme", di hotel Cemara, Jumat, (25/5/2018).

Jazilus menyebutkan, saat ini transfer pemahaman keislaman hanya lebih fokus pada aspek hukum Islam (fiqih) saja, padahal dalam Islam ada juga dimensi Aqidah dan Ikhsan juga. Hal itu juga yang pada akhirnya pemahaman Islam menjadi sempit.

Karena Itu, Pesantren mempunyai peran penting dalam pengajaran Islam yang komperhensif. Selain itu pesantren juga penting karna mengajarkan nilai-nilai moral. "Di pesantren tidak hanya fokus ke pendidikan, tapi juga moralnya," imbuh Jazilus.

Meski begitu, Penanggulangan terorisme tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak tertentu saja. Semua pihak harus bahu- membahu agar paham terorisme jangan sampai tersebar di tengah-tengah masyarakat. "Itu tugas kita semua, termasuk para da'i," pungkas Jazilus.

Tags