Monday, 25 Jun 2018 mondayreview

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 15 Juni


Haedar berpesan pada para khatib dan muballigh untuk tidak menjadikan ceramah sebagai ajang kampanye dan propaganda politik.

(ist)

MONDAYREVIEW - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1439 H jatuh pada hari Jumat legi, 15 Juni 2018. Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis kliwon 14 Juni 2018 pukul 02.45 WIB.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir lalu berpesan agar para khatib dan muballigh menyampaikan ceramah yang berisi ajakan agar umat Islam senantiasa berusaha melanjutkan amal shalih selama bulan ramadhan secara lebih baik.

"Para khatib dan muballigh hendaknya tidak menjadikan khutbah dan ceramah sebagai ajang kampanye dan propaganda politik praktis serta tidak menyampaikan materi yang berpotensi menimbulkan kontroversi dan disharmoni sosial, politik dan agama," kata Haedar dalam keterangan tertulis yang diperoleh, Rabu (13/6/2018).

Pihaknya juga berharap agar Pemerintah dan aparatur keamanan dapat membantu, menjaga dan memfasilitasi umat Islam agar dapat melaksanakan ibadah Idul Fitri sesuai dengan keyakinan masing-masing dan merayakan berbagai tradisi masyarakat yang berkeadaban.

"Semua pihak diajak untuk menjadikan ramadhan dan Idul Fitri sebagai momentum mengembangkan spirit keadaban dan kemajuan di segala bidang kehidupan menuju baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," pungkas Haedar.