Saturday, 22 Sep 2018 mondayreview

Kapolri Lantik 6 Kapolda dan Kadiv Propam


Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melantik dan menyaksikan serah terima jabatan enam Kapolda dan Kadiv Propam Polri di Mabes Polri, Senin (20/8).

Foto : Istimewa

MONDAYREVIEW - Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melantik dan menyaksikan serah terima jabatan enam Kapolda dan Kadiv Propam Polri di Mabes Polri, Senin (20/8/2018).

Mereka yang dilantik adalah Irjen Martuani Sormin sebagai Kapolda Papua, Brigjen (Pol) Teddy Minahasa jadi Kapolda Banten, Brigjen (Pol) Purwadi Arianto sebagai Kapolda Lampung, Irjen Andap Budhi Revianto menjadi Kapolda Kepulauan Riau, Brigjen (Pol) Widodo Eko Prihastopo sebagai Kapolda Riau, dan Brigjen (Pol) Agus Andrianto yang menjabat Kapolda Sumatera Utara. 

Kapolri juga melantik Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo sebagai Kadiv Propam Polri. 

Acara dimulai dengan penyematan lencana dan pemberian tongkat komando kepada pejabat kepolisian dari Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti perwira yang dilantik. 

Salah satu yang diucapkan adalah bersumpah akan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat bangsa dan negara daripada kepentingan personal maupun golongan. 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan nota integritas kepada kelima pejabat polri yang baru dilantik. Terakhir pemberian selamat dari sejumlah anggota Polri yang hadir.

Diberitakan sebelumnya, Mabes Polri merotasi sejumlah perwira tinggi dan menengah. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangi Karobinkar Brigjen Eko Indra Heri.

Dalam telegram itu tercantum Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri mengisi kursi yang ditinggalkan Irjen Boy Rafli Amar yang dimutasi sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Lalu, Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten diangkat sebagai Kadiv Propam menggantikan Irjen Martuani Sormin.

Posisi Listyo sebagai Kapolda Banten digantikan Brigjen (Pol) Teddy Minahasa Putra.

Brigjen (Pol) Purwadi Arianto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Metro Jaya diangkat sebagai Kapolda Lampung menggantikan Irjen Suntana yang dipindahtugaskan menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. 

Kemudian, Irjen Andap Budhi Revianto diangkat menjadi Kapolda Kepulauan Riau menggantikan Irjen Didid Widjanardi yang dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Brigjen (Pol) Widodo Eko Prihastopo yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Jatim dipromosikan sebagai Kapolda Riau menggantikan Irjen Nandang yang ditugaskan di Badan Intelijen Negara. 

Dalam telegram itu juga dimuat mutasi Irjen Paulus Waterpau, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Utara, dipindahtugaskan ke Lemhannas dan Brigjen (Pol) Agus Andrianto menggantikan posisi Paulus Waterpau.