Monday, 22 Oct 2018 mondayreview

Polri Kerahkan 452 Personel Untuk Kawal 2 Paslon Capres-Cawapres


Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukamto mengatakan bahwa Polri akan mengerahkan 452 personel untuk mengawal dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

foto: illustrasi/net

MONDAYREVIEW - Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukamto mengatakan bahwa Polri akan mengerahkan 452 personel untuk mengawal dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Hal tersebut dilakukan setelah mendapatkan surat keputusan (SK) pengamanan capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita tetapkan ada 452 personel yang nantinya akan melakukan pengamanan capres-cawapres ini. Tiap calon melekat sebanyak 37 orang terdiri dari ADC, Walpri," kata Ari Dono di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu menuturkan, dari 457 personel yang terpilih ini telah melalui tahapan seleksi selama dua bulan. 

Sedangkan, ketika para paslon berada di luar Jabodetabek, Kepolisian Daerah (Polda) setempat akan menyiapkan pengamanan dan penjemputan hingga lokasi acara.

SK pengaman capres-cawapres telah diberikan secara simbolis oleh KPU kepada Polri. Dengan demikian, tanggung jawab pengamanan kepada dua paslon berada di tangan Polri. 

Sebelumnya, KPU menetapkan pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjadi capres-cawapres pada Pemilu 2019. Penetapan tersebut dilakukan setelah KPU menggelar rapat pleno.

"Hasil rapat menetapkan dua calon yang mendaftarkan ke KPU Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat.