2.467 Surat Suara di TPS Kabupaten Cirebon Hilang

2.467 Surat Suara di TPS Kabupaten Cirebon Hilang
Ilustrasi/ist

MONDAYREVIEW - Sebanyak 2.467 surat suara untuk 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dikabarkan hilang.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, hilangnya surat suara tersebut diduga saat proses pengiriman logistik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cirebon ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Masih kita dalami," ujarnya di Desa Danamulya, Cirebon, Rabu (27/6/2018).

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon Selly A Gantina mengaku langsung melakukan koordinasi dengan KPU dan Panwaslu Cirebon untuk memenuhi kebutuhan surat suara di Desa tersebut.

"Kita koordinasi dengan KPU, Panwas sampai subuh. Kita upayakan ada kertas cadangan yang disediakan KPU dan akhirnya kita sepakati bersama dengan menyediakan kertas surat suara cadangan sebanyak 80%," ujar Selly.

Selly menjelaskan, disediakannya kertas surat suara 80% karena tingkat partisipasi di Desa Danamulya dalam memilih tidak pernah lebih dari 80%. Hal ini disebabkan banyak TKI atau yang merantau ke daerah lain.

"Yang pasti kebanyakan penduduk ini merantau, biasanya dalam pemilihan seperti ini hanya sampai 60%. Sehingga, estimasi kita 80% sudah bisa terpenuhi karena kita sudah sepkati bersama kalau kurang kita upayakan," paparnya.

Selly menegaskan, tambahan kertas surat suara tersebut tidak mengambil atau mengurangi dari daerah lain, sehingga tidak mengganggu TPS lain di Kabupaten Cirebon.

[Arist]