5 Hal Penting Dalam Membangun Usaha

5 Hal Penting Dalam Membangun Usaha
ilustrasi toko koperasi @dayanaikap.blogspot.com

MONDAYREVIEW – Kemakmuran menjadi salah satu tujuan bernegara. Rakyat yang sejahtera dan tercukupi kebutuhan pangan, sandang, dan papan menjadi cita-cita bersama. Kemiskinan menjadi musuh bersama. Peran Pemerintah dalam mempermudah masyarakat untuk membangun usaha sangat penting. Sejalan dengan itu kesadaran masyarakat untuk berwirausaha juga harus ditingkatkan.

Mondayreview mengungkap beberapa butir penting yang layak dicermati pelaku usaha agar semakin berkembang dalam bisnisnya.  

#1. Manfaatkan teknologi digital. Jadikan gadget anda produktif.

Perkembangan teknologi informasi atau teknologi digital sangat membantu bagi para pelaku usaha. Bahkan bagi para pemula dalam bisnis. Jangkauan informasi menjadi lebih luas dan mudah. Siapapun dapat memiliki lapak usaha. Semua dapat menjangkau pasar atau memasarkan produknya di dunia maya.

#2. Bikin Sistem Yang Aman dan Adil

Etika bisnis tetap penting. Kepercayaan memang menjadi modal utama. Sistem pun harus mampu menjamin bahwa setiap elemen yang terlibat dalam bisnis kita mendapat imbalan sesuai kerja kerasnya. Teknologi pun dapat membantu ‘mengendalikan’ sistem. Model bisnis yang dibangun harus mampu memperlihatkan keseluruhan proses dan ekosistem bisnis yang sehat dan efisien.

#3. Jelas secara Legal. Berbadan hukum, punya NPWP.

Legalitas atau perizinan usaha jangan diremehkan. Kemudahan dan fasilitas yang diberikan Pemerintah dalam perizinan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Legalitas akan menjamin ketertiban dan tanggung-jawab dalam berusaha. Ada beberapa pilihan badan hukum : koperasi, usaha dagang, CV atau Firma, Perseroan Terbatas (PT) dan sebagainya. Secara individu maupun badan usaha kita adalah wajib pajak yang harus taat pada ketentuan perundang-undangan.  

#4. Miliki Profil yang Menarik dan Lakukan Branding

Ibarat wajah dan penampilan seseorang maka profil usaha harus dikemas dengan menarik. Informasi tentang apa produk dan keunggulannya harus dikemas dalam narasi yang ‘mencuri perhatian’ orang. Kartu nama dan brosur mungkin masih digunakan untuk keperluan terbatas. Yang penting kita punya bendera dan rekan bisnis kita tahu bahwa kita bergerak di bidang bisnis tertentu. Selaras dengan itu kita harus melakukan ‘branding’ untuk menunjukkan bahwa kita pengusaha yang terpercaya, produk kita unggul, dan layanan kita kepada konsumen dan mitra tak pernah mengecewakan.  

#5. Duplikasi dan Panduan Mentor

Pengalaman orang lain sangat berharga. Apa yang sudah terbukti berjalan perlu diamati dan ditiru. Sentuhan modifikasi untuk membuat produk kita lebih unggul dan menjawab tuntutan konsumen kita lakukan setelahnya. Nah, untuk ini semua kita butuh mentor bisnis dari mereka yang sudah berhasil di bidangnya.

Masih banyak hal yang dapat kita cermati dalam mengawali dan membangun bisnis. Yang juga tak kalah penting kita mampu membangkitkan passion kita dalam berbisnis.