Beberapa Menteri Gelar Rapat Khusus Penanganan Gempa Sulteng

Beberapa Menteri Gelar Rapat Khusus Penanganan Gempa Sulteng
Peta lokasi gempa Sulteng/Dok. BNPB

MONDAYREVIEW - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan lembaga lain terkait untuk menangani gempa di Sulawesi Tengah.

Mendagri Tjahjo mengatakan bahwa rapat khusus ini merupakan tindaklanjut atas perintah Presiden Joko Widodo agar lembaga terkait melakukan koordinasi dan langkah-langkah terpadu penanganan pascagempa.

"Sekarang saya di kantor Menkopolhukam, ikut rapat koordinasi yang dipimpin Pak Menko soal gempa di Sulawesi Tengah, saat ini dikoordinasikan Menkopolhukam untuk langkah malam ini dan besok pagi," Tjahjo melalui keterangan tertulisnya, Jumat (28/9).

Tjahjo mengaku, pihaknya berusaha untuk terus memonitor daerah gempa melalaui koordinasi dengan pemeritah setempat, namun kata dia, komunikasi agak terganggu degan putusnya jaringan telepon akibat gempa. "Sudah koordinasi terus via SMS dengan Pemda kadang lama memang masuknya," ujarnya.

Meski begitu, Tjahjo mengungkap, bahwa besok Sabtu (29/9), akan segera meninjau langsung lokasi gempa. Melalui komunikasi dan koordinasi dengan BNPB dan pemerintah setempat.

"Besok saya dan Dirjen Adwil akan ke Palu dan Donggala via Balikpapan untuk memonitor koordinasi dengan Pemda bersama BNPB dan kesehatan," pungkasnya.