Belajar Lebih Keras Jadi Kunci Hadapi Tantangan Zaman

Belajar Lebih Keras Jadi Kunci Hadapi Tantangan Zaman
Mendikbud Muhadjir Effendy (Monday Review/Toni Dwi Saputra)

MONDAYREVIEW.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Jumat (15/9). Sejumlah sekolah dikunjunginya antara lain SMA Negeri 2 Banjarbaru, SDN Kemuning 2, SDN Kemuning 3, SMPN 5 Banjarbaru. Dalam kunjungan tersebut Mendikbud Muhadjir didampingi walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani serta Direktur Pembinaan SMP, Supriano.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Mendikbud berpesan agar peserta didik belajar lebih keras menghadapi tantangan zaman.

"Jadi tidak ada pilihan lain kecuali kita bekerja lebih keras, belajar lebih keras," jelas Mendikbud. Presiden pernah bercerita mengapa ia bisa menjadi presiden. Jawabannya karena dirinya adalah orang yang keras dalam belajar.

"Kalau yang lain belajar 1 jam, beliau 2 jam. Kalau yang lain 2 jam, beliau 4 jam. Kalau yang lain 4 jam, beliau minimum 6 jam," tambah Mendikbud.

Mendikbud juga memberi semangat kepada siswa dengan semboyan student today, leader tomorrow. "Sekarang kamu pelajar. Tapi 20 tahun yang akan datang kamu yang akan menjadi pemimpin. Pada 20 tahun mendatang kemampuan seperti yang dimiliki walikota sekarang sudah cukup sudah cukup untuk masa kini. Tapi 20 tahun yang akan datang harus lebih lagi," tegas Mendikbud seperti dilansir situs Kemdikbud.

Kepada Bapak ibu guru, Mendikbud meminta agar melatih kemampuan siswa dalam memimpin. Dalam upacara bendera tiap senin, siswa perlu digilir tugasnya. "Kita harus memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar memimpin," harap Mendikbud.