Bursa Saham AS Menguat Tajam

Bursa Saham AS Menguat Tajam

MONDAYREVIEW.COM – Dampak ekonomi atas merabaknya virus corona mulai terkendali. Kejatuhan dalam di lantai bursa dapat dikendalikan. Bahkan di Bursa AS terjadi lonjakan yang menyebabkan saham-saham tertentu naik signifikan. Di Tiongkok pun saham mulai kembali naik atau rebound setelah penurunan beberapa waktu lalu.

Bursa Saham AS terus menuai untung besar dalam perdagangan sore kemarin (04/02/2020) di tengah upaya meredakan ketakutan dunia atas merebaknya coronavirus.  Saham-saham unggulan menguat dan memberikan optimisme bagi pasar. Keuntungan besar diraih oleh Apple (AAPL) dan Microsoft (MSFT) yang merupakan saham unggulan teknologi.

Nasdaq melonjak 2%, saham kelompok industri Dow Jones melonjak 1,6% dan S&P 500 juga menguat 1,6% di pasar saham kemarin. Tren positip ini diharapkan akan terus berlanjut hingga ekonomi dunia Pergerakan tipis dilacak oleh Russell 2000 naik 1,6% juga. Volume penjualan lebih tinggi pada NYSE dan Nasdaq dibandingkan pada waktu yang sama pada Senin sehari sebelumnya.

Pergerakan positip ini juga terpantau dari kenaikan order atau pesanan ke sektor manufaktur. Pesanan pabrik A.S. naik 1,8% pada bulan Desember, jauh di atas penurunan 1,2% pada November dan perkiraan untuk kenaikan 1,3%.

Badai memang belum berlalu. Kasus coronavirus China melampaui 20.000 dengan 427 kematian. Namun, tingkat pertumbuhan harian infeksi dan kematian diperkirakan melambat. Langkah-langkah stimulus bank sentral China membantu mengurangi kekhawatiran dampak ekonomi yang besar.

Saham China pun mengalami rebound dari aksi jual Senin. Indeks Shanghai Composite naik 1,3% pada omset yang lebih tinggi, menurut data dari William O'Neil + Co., setelah anjlok 7,7% pada sesi sebelumnya.

Menguatnya saham blue chip. Hampir semua saham Dow Jones menguat, dengan Microsoft, Apple dan Caterpillar (CAT) masing-masing naik lebih dari 3%, memimpin.

Microsoft melonjak 3,2% dalam perdagangan berat ke rekor tertinggi. Ini diperpanjang 27% dari titik beli 142,47 dari basis datar yang diselesaikan pada bulan Oktober, sehingga investor dapat mempertimbangkan untuk mengunci beberapa kenaikan.

Apple juga melompat lebih dari 3% untuk mengakhiri slide tiga sesi. Hon Hai Precision (Foxconn) dan pemasok iPhone lainnya berencana untuk memulai kembali operasi 10 Februari, demikian laporan Bloomberg.

Lima saham Dow Jones lainnya termasuk Nike (NKE), UnitedHealth (UNH) dan Cisco (CSCO) menambahkan nilai lebih dari 2% masing-masing. Hanya dua blue chip, McDonald's (MCD) dan Exxon Mobil (XOM), yang mengalami pergerakan dengan kerugian kecil.