Canda Din Syamsudin Mengaku Siap Jadi Ketum PBNU

Canda Din Syamsudin Mengaku Siap Jadi Ketum PBNU
Foto : Istimewa

MONDAYREVIEW - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan siap menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Hal ini dikatakan Din dalam pembukaan kongres V Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/7). 

Dalam acara itu, Ketum PBNU Said Aqil Siradj dalam pidatonya menyebut Din sebagai mantan mantan Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumbawa. 

"Tadi bapak Aqil Siradj menyebut saya mantan ketua IPNU cabang Sumbawa. Saya sungguh tersanjung dan secara subjektif ini adalah pengakuan saya masih warga NU," kata Din, saat berbicara selaku Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), dalam forum tersebut.

Din mengatakan, bahwa ungkapan ketum PBNU tersebut bisa disebut sebagai dukungan terhadapnya untuk mencalonkan menjadi Ketua Umum PBNU dalam muktamar mendatang.

"Secara subyektif, itu dukungan bagi saya untuk bisa mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PBNU,” candanya.

Dalam acara tersebut, sempat dinyanyikan lagu hubbul wathan. Din mengaku masih sedikit hapal lagu tersebut, meski saat menyanyikannya tanpa mengepalkan dan mengangkat tangan kanan. 

"Lagu hubbul wathan masih hafal sedikit. Saya mau ikut nyanyi mau angkat tangan. Tapi karena Cak Imin nggak angkat tangan, saya nggak jadi," ujarnya lagi.