Cara Baru Nonton Film Dan Tayangan TV

Cara Baru Nonton Film Dan Tayangan TV

MONDAYREVIEW.COM – Jaman sudah berubah. Mau nonton film dan tayangan TV dimanapun kamu bisa. Kehadiran HOO, Iflix dan Netflix menjadi salah satu tonggak perubahan cara kita menonton tayangan yang selama ini kita nikmati lewat layar lebar dan layar kaca. Ini menjadi berkah bagi pencinta film. Juga bagi para penggemar tayangan TV.

Kebutuhan kita mungkin sama dari masa ke masa dalam hal informasi dan hiburan. Namun cara hidup kita berubah. Kita menikmatinya sambil menuju ke dan dari tempat kerja. Di bus, kereta api komuter, atau sambil menunggu jadwal pertemuan dengan seseorang. Maka hadirlah layanan yang memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan hampir lewat medium apa pun.  

Netflix menjadi salah satu penanda perubahan cara menonton film. Dulu kita nonton film dari DVD. Kini kita bisa menikmatinya dalam format film digital di dunia maya. Misalnya, dengan smartphone atau tablet kala kita ada dalam perjalanan. Di smartTV, PC, dan laptop kala kita ada di rumah atau di tempat kerja.

Tentu saja karena berbayar maka tayangan yang tersaji bersih dari iklan. Ini salah satu yang menjadi kelebihan utamanya. Di TV berbayar pun demikian. Kalau di TV terestrial yang gratis tentu sponsor iklan yang membayar jadi mau tidak mau penonton harus ‘terganggu’ dengan kemunculan iklan di sana sini.

Penonton Netflix dan sejenisnya juga tak perlu menunggu jadwal penayangan serial televisi. Dan tentu saja bisa menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati. Waktu main berharga, maka pada jam-jam tertentu penonton bisa menentukan dengan bebas merdeka. Jadi waktu produktif tetap bisa digunakan untuk bekerja dan aktivitas lainnya. Waktu bersantai, menunggu, dan dalam perjalanan dapat diisi salah satunya dengan nonton tayangan streaming.  

Yang mengesankan tentu soal duit. Kalau mahal orang masih akan mikir-mikir. Ternyata, untuk semua kemudahan itu dibayar dengan harga berlangganan relatif murah. Mulai dari Rp 109.000, pengguna bisa mengakses koleksi film dan serial televisi yang terhimpun dalam perpustakaan Netflix.

Syarat mutlaknya, pengguna harus memiliki jaringan internet yang mumpuni. Dengan kuota tak terbatas. Ini penting untuk diperhatikan pelanggan. Jangan sampai kendor di tengah jalan alias kehabisan kuoto. Sebab, Netflix mengusung mekanisme streaming.  

Semua layanan Netflix bukanlah hasil dari usaha instan. Perjalanan panjangnya sebagai pemain di bisnis hiburan khususnya penyewaan DVD sudah dikenal luas. Maka ketika koneksi tambah kencang layanan ini mampu mentransformasikan produknya. Netflix adalah pelopor layanan sewa film online. Didirikan sejak 1997, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak.

Seiring tingginya penetrasi internet, layanan-layanan serupa bermunculan dengan beberapa modifikasi dan signifikansi pasar. Ada Google Play Movies yang khusus menyasar pengguna Android dan Chrome. Mekanismenya pay-per-view atau membayar tiap menonton satu film.

Sementara Netflix merupakan layanan on-demand atau membayar langganan secara bulanan tanpa batasan film yang ditonton. iFlix dan HOOQ lebih mirip dengan Netflix. Bedanya, HOOQ fokus pada pasar lokal Filipina. Sementara iFlix lebih luas dengan jangkauan di Filipina dan Malaysia.

Netflix sendiri sudah tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia. Hingga akhir tahun ini, layanan yang didirikan Marc Randolph and Reed Hastings tersebut menargetkan 200 negara bisa menjajal Netflix.

Untuk pasar Indonesia, ada tiga jenis layanan Netflix yang bisa dinikmati. Layanan tersebut adalah Basic, Standard, dan Premium. Perbedaan antara tiap paket terletak pada resolusi gambar film dan jumlah perangkat yang bisa digunakan lewat sebuah akun Netflix secara bersamaan.

Untuk mendaftar akun Netflix, pengguna harus memasukkan informasi kartu kredit. Belum semua jenis kartu debit dan kredit bisa dilayani. Selama satu bulan ini, Netflix me

mberlakukan promo gratis bagi pasar Indonesia. Saat untuk mengunduh aplikasi mobile-nya bila kita ingin mencobanya. Bisa lewat iOS, Android, maupun Windows Store.