Digital Marketing (Bagian 1)

Perkembangan digital marketing sangat pesat. Mereka yang tak siap akan tergilas. Para pakar pemasaran terus bersinergi dengan para expert di bidang teknologi digital. 

Untuk menjadi seorang ahli atau setidaknya pelaku dalam dunia pemasaran digital membutuhkan pengetahuan, kemauan, dan pengalaman yang kuat. Namun semua itu bisa didapat dengan memanfaatkan pembelajaran melalui media digital.

Berikut tipsnya untuk menjalankan digital marketing : 

1. Tetapkan Tujuan
Pertama kali yang perlu Anda lakukan dalam digital marketing adalah menetapkan tujuan atau gol yang ingin diraih. Berapa banyak leads atau konversi yang ingin startup Anda raih, atau standar dari brand awareness yang ingin dicapai. Detailkan tujuan atau goal yang ingin Anda raih, serinci mungkin.

2. Media Sosial 
Media sosial adalah media yang paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan startup yang Anda miliki. Media sosial jadi medium digital marketing yang paling mudah dan terjangkau bagi para startup. Berikut adalah tips digital marketing, khusus dalam menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial.

  • Semua Adalah Tentang Pelanggan
    Berbicara mengenai digital marketing, maka yang harus dipikirkan adalah semua yang berhubungan dengan pelanggan atau konsumen produk atau layanan Anda. Lakukan riset yang mendalam, lalu buatlah konten untuk diposting di media sosial, hal ini mencerminkan bahwa startup Anda, sangat berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Konsisten
    Frekuensi dalam memposting sebuah konten digital marketing di media sosial tidak boleh berkurang, harus selalu ditingkatkan. Menjaga konsistensi adalah mutlak adanya dalam digital marketing melalui media sosial. Benak para pelanggan atau konsumen harus terus dibombardir pesan promosi produk atau layanan yang menarik, unik, dan memiliki keterikatan emosional yang kuat.
  • Keterikatan dengan Follower Social Media
    Keterikatan yang kuat dengan para pelanggan atau konsumen Anda di media sosial adalah hal yang sangat bagus. Bangun interaksi dengan mereka, buatlah konten yang memancing antusiasme mereka, ajak mereka untuk terus berkomunikasi 2 arah dengan startup Anda.
    Jangan takut untuk menerima komplain, komentar, kritik dan saran dari pelanggan Anda. Terima itu semua dengan lapang dada dan jawab semua komentar dan komplain. Para pelanggan, atau bahkan calon pelanggan dapat melihat keseriusan Anda dalam menjalin hubungan baik dengan para konsumen. Pemaparan lebih lengkap mengenai hal ini, dapat dilihat pada artikel engage customer di media sosial.

3. Mencoba Layanan Berbayar

Layanan promosi berbayar adalah salah satu cara yang dapat diterapkan dalam digital marketing. Manfaatkan layanan promosi berbayar, seperti melalui FB Ads, Instagram, Twitter, Google Ads, dan lihat hasil yang akan Anda raih. Memang bukan jaminan 100% bahwa startup Anda akan sukses. Namun, cara ini akan membuat produk atau layanan Anda akan semakin dikenal luas, awareness masyarakat akan meningkat. Simak tips bagaimana cara meningkatkan lead dan penjualan.

4. Konten Adalah Raja
Konten adalah raja dalam digital marketing, membuat sebuah konten yang berkualitas perlu riset yang mendalam, dan kreativitas tanpa henti. Konten berkualitas adalah yang memiliki keterikatan emosional yang kuat dengan para pelanggan atau bahkan calon pelanggan Anda. Berikut adalah tips digital marketing yang khusus terkait dengan konten.

  • Fokus pada Konten yang Kuat
    Digital marketing butuh konten berisi pesan yang kuat, bagaimana cara membuat pesan yang kuat? Riset mengenai pelanggan dan calon pelanggan Anda, buat pemetaan akurat, lalu tonjolkan sisi manfaat (benefit) untuk para pelanggan produk atau layanan startup Anda, kembali lagi pada prinsip awal, selalu berorientasi pada pelanggan.
  • Buat Konten yang Kreatif
    Mulailah gali kreativitas Anda, manfaatkan semua sumber pembelajaran yang ada, banyak bergaul dengan para orang sukses, minta pendapat dari seluruh rekan kerja, serap semua inspirasi yang ada. Ingat, konten berkualitas tidak selalu mahal, dan konten yang dibuat dengan biaya mahal, tidak selalu sukses. Be creative!
  • Promosikan Konten
    Berusahalah untuk mempromosikan konten Anda melalui berbagai cara yang bisa Anda lakukan di internet, seperti website, blogwalking, backlink, promosi di forum online, email marketing, chat (Whatsapp, Line, BBM), dan sosial media pastinya.

5. Komunitas atau Jaringan
Komunitas atau jaringan yang memiliki keterkaitan dengan produk atau layanan startup Anda adalah salah satu kunci sukses digital marketing. Jaringan yang kuat akan memantapkan nilai bisnis Anda dan akan berpengaruh langsung pada omset usaha Anda.

Menjalin hubungan baik dengan komunitas adalah kuncinya, lakukan interaksi dengan komunitas tersebut di dunia digital, bangun keakraban dan interaksi yang intim di media sosial.

Semakin banyak yang melihat keterikatan startup Anda dengan para komunitas yang masih satu jalur dengan Anda, akan membuat semakin banyak orang tertarik akan produk atau layanan startup Anda.

6. Evaluasi
Setelah strategi digital marketing telah dipilih dan dijalankan dengan baik dan seksama, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah, evaluasi dalam jangka waktu tertentu, apakah gol atau tujuan Anda telah tercapai. Apabila belum, maka apa yang perlu dilakukan untuk memberikan hasil yang optimal. Apabila ada yang sudah tercapai, maka apa langkah konkret untuk mempertahankannya. Simak pula artikel kenapa banyak startup yang gagal sebagai bahan pembelajaran.