Din Syamsuddin: Capres-Cawapres Harus Berdiri Diatas Semua Golongan

Din Syamsuddin: Capres-Cawapres Harus Berdiri Diatas Semua Golongan
din syamsuddin bicara umat muslim di indonesia

MONDAYREVIEW - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin menghimbau kepada umat muslim di Indonesia untuk tidak terkotak-kotakan, hanya karena beda pilihan politik. 

"Beda pilihan politik itu wajar saja, tapi masyarakat Indonesia jangan sampai terpecah belah karena perbedaan pilihan politik," ujar Din saat ditemui di Gedung Konvensi, Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (4/8/2018)

"Apalagi saling bermusuh-musuhan, jangan. Itu menimbulkan malapetaka nantinya," imbuhnya

Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menyebut, kontestasi politik harus mengedepankan kedewasaan berpolitik. Menerima masukan dan kritikan untuk dapat memperbaiki diri, karena dengan begitu pemerintahan nantinya bisa berjalan dengan baik. 

"Makanya sangat diperlukan kedewasaan dan kecerdasan ummat yang dibimbing oleh para pemuka agama," tutur Din

Din Syamsuddin berpendapat terkait ulama yang terjun ke politik, bahkan merekomendasikan sejumlah nama. Menurut mantan ketua MUI ini, dia tidak mempermasalahkan seorang ulama terlibat di politik. 

Namun, Din menegaskan, para ulama dan tokoh agama tidak boleh hanya mewakili kelompoknya saja, atau orang Islam saja, tetapi sebagai pemimpin harus bisa mewakili keseluruhan bangsa Indonesia. 

"Menurut saya baik, tapi begitu dia tampil, dia harus menjadi milik semua. Istilahnya diatas semua golongan, kalau dia dari kalangan ummat Islam jangan hanya membela ummat Islam tapi membela umat agama lain juga," tegasnya