Duet Syarifuddin-Ari Yusuf Amir Pimpin IKA UII 2019-2024

Duet Syarifuddin-Ari Yusuf Amir Pimpin IKA UII 2019-2024

MONDAYREVIEW.COM –  Musyawarah Nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia V (Munas IKA UII V ) berlangsung hangat sejak dibuka pada pagi 14 Desember 2019. Tak kurang dari 26 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hadir dan menyuarakan aspirasinya dalam forum ini. Forum bersepakat untuk menyempurnakan perangkat organisasi termasuk memilih pengurus baru yang akan menjalankan roda organisasi.

Antusiasme peserta Munas kali ini cukup besar bahkan melampaui ekspektasi panitia penyelenggara. Ruang Pertemuan Teluk Jakarta di Hotel Ibis Sentral Cawang Jakarta Timur dipenuhi oleh peserta yang datang dari berbagai daerah. Kehangatan suasana silaturahmi berbaur dengan harapan-harapan untuk berbuat bagi masa depan ummat dan bangsa.

Ketua IKA UII Mahfud MD dalam sambutannya menegaskan pentingnya menghargai pilihan strategi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Para pendiri UII telah menanamkan nilai-nilai dasar yag amat kokoh bagi perjuangan di bidang pendidikan termasuk dalam memaknai perbedaan pandangan. Mahfud mengajak peserta Munas untuk bercermin pada kisah Nabi Yusuf AS dimana ummat harus berusaha untuk mengakses kekuasaan melalui pintu-pintu yang banyak.  

Munas dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Pada sambutannya Anies menegaskan kedekatan emosional dan ideologisnya dengan Keluarga Besar UII. Orangtua orang nomor satu di ibukota ini adalah pengajar di UII pada masanya. Anies pun memahami betapa peran dan visi UII sangat penting dalam membangun kehidupan kebangsaan. Alumni UII yang telah tersebar ke berbagai penjuru mampu menebar misi keilmuan, keummatan, dan keindonesiaan.

Sementara pada kesempatan memberikan Kuliah Umum, Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan tentang perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Nadiem yang lebih banyak memberi kesempatan kepada forum untuk berdialog menjawab berbagai hal terkait kebijakan dalam dunia pendidikan.

Setelah melalui serangkaian proses Munas IKA UII V telah memilih Syarifuddin sebagai Ketua Umum dan Ari Yusuf Amir sebagai Sekretaris Jenderal IKA UII periode 2019-2024. Syarifuddin yang saat ini menjabat wakil ketua Mahkamah Agung (MA) merupakan sosok yang diharapkan mampu memimpin sekaligus menyuarakan gagasan-gagasan alumni UII. Sementara Ari Yusuf Amir diharapkan mampu menggerakkan sekaligus mengawal jalannya organisasi wadah alumni ini layaknya organisasi modern yang responif terhadap perubahan.