Ini Pesan Mendikbud di Hari Pertama UN untuk Jenjang SMK

Ini Pesan Mendikbud di Hari Pertama UN untuk Jenjang SMK
Mendikbud Muhadjir Effendy

MONDAYREVIEW.COM – Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dihelat hari ini hingga Kamis (6/4) serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Seperti dilansir situs kemdikbud, pelaksanaan ujian untuk jenjang SMK diikuti oleh 1.327.246 siswa. Dari jumlah tersebut, sekitar 88,6 persen atau 1.176.712 siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 150.540 siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil.

“Pada pelaksanaan hari pertama ujian nasional, izinkan saya menyampaikan salam dan doa kepada anak-anakku pelajar di seluruh tanah air Indonesia, terutama yang sedang menempuh ujian. Saya yakin bahwa pagi ini anak-anak kita mengerjakan ujian dengan segenap kemampuan dan integritas mereka,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan UN di SMK Negeri 1 Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (3/4).

Terdapat enam provinsi yang 100 persen menyelenggarakan UNBK pada jenjang SMK, yaitu Provinsi Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Mendikbud Muhadjir Effendy berpesan agar para siswa mengerjakan UN secara jujur. Ia juga mengapresiasi kerjasama dengan pemerintah-pemerintah daerah setempat.

“UN hanyalah salah satu proses penilaian pendidikan, maka kerjakanlah dengan percaya diri dan jujur,” pesan Mendikbud Muhadhir Effendy.

“Pemerintah peduli dan memberikan apresiasi tertinggi terhadap daerah-daerah atas komitmennya melangsungkan proses penilaian pendidikan ini,” imbuh Muhadjir.