Jahe Merah : Minuman Alami Diolah Teknologi UHT Pilihan Pas Saat Pandemi

Jahe Merah : Minuman Alami Diolah Teknologi UHT Pilihan Pas Saat Pandemi
Jahe Merah/ mustikaratuonline.com

MONDAYREVIEW.COM –  Pola hidup sehat sangat penting saat pandemi. Olahraga dan istirahat yang cukup. Tak kalah penting untuk mengkonsumsi minuman dan makanan yang menunjang fungsi organ hingga kekebalan tubuh terjaga bahan meningkat.

Pilihan bahan alami sangat diminati banyak kalangan. Karena efek samping yang relatif tak ada atau sedikit. Tren kembali ke alam sudah lama digaungkan. Industri dan pasarnya terbentuk dan terus berkembang. Seperti tampak dalam produk Minuman Sehat Jahe Merah berbahan Zingiberis officinale var. Rubra rhizoma, dan gula alami.  

Jahe merah sangat berkhasiat. Manfaatnya banyak dan sangat penting. Yakni membantu memelihara kesehatan fungsi hati.  Juga membantu meredakan mual, batuk dan salesma.  

Salah satu produsen herbal dan fitofarmaka modern yang memproduksi minuman Sehat jahe Merah adalah Mustika Ratu. Produknya diproses dengan teknologi UHT. Dengan teknologi ini maka keamanan produk terjaga. Juga khasiatnya tetap optimal.    

Dukungan Pemerintah pada industri herbal tak main-main. Untuk periode 2020-2024, Indonesia memang memiliki Prioritas Riset Nasional (PRN) di bidang Obat Herbal Terstandar (OHT) dan fitofarmaka, obat dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik.

Sebagai negara pemilik mega biodiversity Indonesia mempunyai banyak komoditas yang dapat menjadi calon obat tradisional, baik untuk OHT maupun fitofarmaka. Sekalipun bukan tanaman asli, setidaknya sudah tumbuh dan mudah berkembang di tanah dan iklim Indonesia.

Salah satu contohnya dikenal sebagai herbal merah, gabungan jahe merah atau Zingiber officinal var rubrum rhizoma dengan rosela merah atau Hibiscus sabdariffa L yang sedang dikembangkan tim CDDD menjadi obat hipertensi.

Bermodal studi etnobotani sebagai bukti empiris terhadap penggunaan atau pemanfaatan tanaman tersebut, sudah bisa diusung sebagai calon komoditas obat herbal terstandar.

Memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah sering dijadikan pilihan saat mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk. Namun, sebenarnya yang menjadi alasan mengapa jahe merah banyak dijadikan penawar untuk batuk atau peradangan di tenggorokan adalah kandungan flavonoidnya.

Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

Tak dapat dipungkiri jika kebiasaan mengonsumsi makanan sembarangan membuat tubuh menyimpan banyak tumpukan lemak jahat. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin lemak jahat tersebut akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh semakin naik.

Penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi tanaman rimpang tersebut. Pasalnya, jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

Tak hanya ampuh meredakan gejala tenggorokan dan batuk, kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah juga mampu mengatasi penyakit rematik. Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit tersebut disebabkan oleh peradangan yang terjadi di persendian. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, penderita penyakit ini akan merasakan kaku pada sendi karena terjadi pembengkakan.

Jahe merah dapat dijadikan sebagai konsumsi pendukung bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena mampu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut akan bertahan lebih lama sehingga nafsu untuk terus menyantap sesuatu menjadi berkurang.

Kandungan minyak atsiri dalam minuman sehat jahe merah sangat baik dalam meningkatkan imunitas, mengatasi peradangan pencernaan, dan menghambat serangan virus dan bakteri. Secara alami produk berbahan jahe merah sangat membantu dalam menjaga agar kita tetap sehat.

Mustika Ratu memiliki marketplace yang beralamat di mustikaratuonline.com.