Jelang Puncak Arus Mudik, Ini Pesan Dari Menhub

Jelang Puncak Arus Mudik, Ini Pesan Dari Menhub
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi/net

MONDAYREVIEW - Menjelang puncak arus mudik lebaran 2018, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau kepada para pemudik agar pulang ke kampung halaman pada tanggal 10-11 Juni 2018. Hal itu untuk menghindari perkiraan puncak arus mudik tanggal 8-9 serta 12-13 Juni.

"Waktu mudik yang baik adalah tanggal 10 dan 11 Juni, karena preferensi puncak arus mudik ada dua yaitu di 8-9 Juni dan 12-13 Juni," ungkap Budi, di Jakarta, Selasa (5/6/2018), dikutip dari laman kemenhub.

Budi juga memberikan beberpa tips bagi para pemudik, terutama yang menggunakan transportasi angkutan darat. Hal pertama yaitu, agar pemudik menggunakan sistem pembelian tiket secara online kepada para pemudik yang menggunakan bus. Hal ini, dikarenakan tanggung jawabnya akan lebih jelas.

Sementara untuk pada para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, Budi menghimbau agar mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.

"Bagi angkutan darat lainnya tentunya kalau mengendarakan mobil pribadi, persiapkan dengan baik karena jalanya panjang. Anda harus siap dengan segala sesuatu. Untuk pengendara motor saya sampaikan sebaiknya apabila lebih dari 60 km, saya sarankan tidak menggunakan motor," Pesan Budi.

Selain itu, Menhub Budi juga meminta kepada Kapolda dan Kadishub untuk insentif melakukan proses ramp check kepada seluruh sarana yang akan digunakan untuk arus mudik dan arus balik. Ini penting untuk kurangi angka kecelakaan.

"Catatan kecelakaan tahun lalu turun 30 persen, oleh karenanya himbauan untuk ramp check dan tidak mudik dengan motor ini penting," tutupnya.