Kebijakan Cina Mendongkrak Ekonomi Platform

Kebijakan Cina Mendongkrak Ekonomi Platform
(c) linkedin.com

MONDAYREVIEW.COM - China akan mendorong model pertumbuhan baru dari platform economy (ekonomi platform), mempromosikan pengembangan "internet plus industri jasa" dan mendukung modal sosial untuk berinvestasi di sektor-sektor termasuk kesehatan, pendidikan dan pariwisata, menurut sebuah pernyataan yang dirilis setelah pertemuan.

Pemerintah menjanjikan langkah-langkah yang lebih memfasilitasi. Sehingga platform economy (ekonomi platform) menjadi salah satu pendorong pertumbuhan baru yang didukung oleh sektor Internet yang berkembang cepat, diperkirakan akan melanjutkan pertumbuhan yang kuat di Cina. Demikian dilansir Xinhua. 

Menurut para analis janji kebijakan Pemerintah CIna akan menguntungkan peningkatan industri dan konsumsi, melayani reformasi struktural sisi penawaran dan mempromosikan pembentukan  pasar domestik yang kuat.

Iklim bisnis akan lebih dioptimalkan dan prosedur persetujuan untuk pendirian perusahaan platform baru dan cabang-cabangnya akan dirampingkan lebih lanjut, kata pernyataan itu.

Cina berjanji untuk mendorong sejumlah 100 miliar yuan (sekitar 14,5 miliar dolar AS) pasar komoditas pada tahun 2020. Hal ini akan mendorong kebijakan terbaru datang setelah China meluncurkan pedoman untuk memfasilitasi sektor ini pada bulan Maret 2019 lalu. 

Melalui pengembangan platform ekonomi, Cina bertujuan untuk membangun sistem sirkulasi komoditas yang sesuai dengan sistem ekonomi modern, kata pedoman bersama yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan (MOC) dan 11 departemen lainnya.

Berbagai platform komersial bermunculan dalam beberapa tahun terakhir, mencakup bidang mulai dari lalu lintas, belanja, hiburan, layanan rumah tangga, sewa rumah hingga pengiriman makanan. Disamping itu berkat transformasi ekonomi domestik, infrastruktur Internet yang cepat, dan stimulasi berkesinambungan dalam inovasi massa dan kewirausahaan. 

Raksasa e-commerce Alibaba, penjualan daringnya dalam 24 jam pada "Singles Day" atau 11 November mencapai rekor 31,46 miliar dolar AS tahun lalu, melebihi gabungan dari Cyber ​​Monday dan Black Friday. Sebagai bagian dari platform ekonomi, e-commerce telah melihat ekspansi eksplosif di Cina.  

Menurut sebuah survei oleh Akademi China  Teknologi Informasi dan Komunikasi (CAICT) Alibaba, Tencent dan Ant Financial berada di peringkat tiga teratas, jumlah perusahaan platform super-besar di China mencapai 20 pada akhir 2018, yang nilai pasarnya mencapai lebih dari 1,38 triliun dolar AS.