Ketika Gamelan Hipnotis Warga Chicago

Ketika Gamelan Hipnotis Warga Chicago
Istimewa

MONDAYREVIEW.COM- Sebuah kelompok kesenian gamelan Jawa yang berbasis di Chicago, tampil memukai dalam acara Spring Concert  di Hyde Park Union Church beberapa waktu lalu.

Kelompok kesenian yang menamakan dirinya Friends of Gamelan (FROG) ini menampilkan sinden terbaik dari Amerika Seikat, Heni Savitri mendapatkan  standing ovation dari ratusan masyarakat AS yang menghadiri acara ini.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI di Chicago, Rosmalawati Chalid menuturkan bahwa alunan musik gamelan merupakan wujud dari jati diri bangsa Indonesia. “Alunan musik yang tercipta dari berbagai alat dalam Gamelan adalah hasil kerjasama yang baik dan harmonis. Hal ini merupakan simbol dari bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika,” katanya dikutip laman kemlu.go.id, Selasa (16/5). 

Sebagai informasi, pada Januari 2017, Konjen Rosmalawati mendapatkan kehormatan sebagai konjen Chicago pertama yang diangkat sebagai anggota Board of Directors FROG.

Sejak berdiri 36 tahun yang lalu, FROG telah menjadi mitra KJRI Chicago dalam promosi seni budaya Indonesia di AS. Spring Concert ini sendiri merupakan salah satu upaya FROG dalam melestarikan dan mempromosikan gamelan di kalangan masyarakat Chicago. Diharapkan melalui konser ini, semakin banyak masyarakat AS yang tertarik untuk mempelajari dan mencintai gamelan Indonesia.