Konektivitas : Indonesia dan Afrika Bisa Optimalkan Kerjasama Infrastruktur

Konektivitas : Indonesia dan Afrika Bisa Optimalkan Kerjasama Infrastruktur

 

MONDAYREVIEW.COM – Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue 2019, digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (20/8). Dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo mengemukakan bahwa  Indonesia ingin bersama negara-negara Afrika melakukan lompatan-lompatan kemajuan, merasakan pembangunan yang merata dan menjangkau daerah-daerah terluar.

Indonesia ingin bersama Afrika meningkatkan konektivitas untuk memperbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi. Demikian salah satu butir pernyataan Jokowi pada kesempatan tersebut yang dilansir dari setkab.go.id.

Badan  Usaha Milik Negara dan perusahaan swasta di Indonesia sudah memiliki kekuatan dan pengalaman yang memadai. BUMN di Indonesia berpengalaman membangun infrastruktur dengan tantangan geografis yang berat dan membangun infrastruktur modern perkotaan, berpengalaman membangun infrastruktur di kondisi iklim yang ekstrem, dan berpengalaman membangun infrastruktur di lokasi dengan beragam adat budaya dan tradisi lokalnya. Demikian Presiden menegaskan.

Tantangan yang kita hadapi sangatlah berat, ditambah lagi oleh destruksi, revolusi industri jilid keempat. Gejolak ekonomi global saat ini yang tidak menentu, sambung Presiden, krisis ekonomi melanda beberapa negara yang sedang tumbuh, perang dagang yang terus memanas dan menimbulkan ketidakpastian.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga menekankan, perang dagang harus dilawan dengan mengedepankan keterbukaan dan integrasi ekonomi. Nasionalisme sempit harus dilawan dengan solidaritas global dan multilateralisme.

Kemitraan setara yang saling menguntungkan. Kemitraan selatan-selatan, perlu terus kita dorong. Artinya hanya ada satu kunci agar kita mampu bertahan menghadapi gejolak arus global, yaitu persatuan.  Presiden meyakini, Indonesia dan Afrika adalah kekuatan besar jika kita bersatu. Indonesia dan Afrika dapat mewujudkan mimpi-mimpi kemajuan, jika kita bersatu.

Indonesia dan Afrika dapat melompat lebih tinggi bahkan berkali-kali lipat jika kita bersatu. Diperlukan langkah-langkah yang nyata, cepat dan tastis.

Demi mewujudkan masyarakat Indonesia dan Afrika yang makmur, yang sejahtera dan yang bersatu, Presiden Jokowi mengajak negara-negara Afrika untuk membangun dan memperkuat infrastruktur antarnegara untuk meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan Afrika, untuk meningkatkan arus perdagangan antara Indonesia dan Afrika, yang dapat meningkatkan perekonomian, yang mampu memberikan kesejahteraan bangsa Indonesia dan bangsa di Afrika.