LSI Denny JA: PDIP Berpotensi Kembali Jadi Pemenang di Pemilu 2019

LSI Denny JA: PDIP Berpotensi Kembali Jadi Pemenang di Pemilu 2019
Rilis survey LSI/foto: Faisal Monday

MONDAYREVIEW - Lembaga Survei LSI Denny JA merilis hasil survei terbarunya yang dilakukan pada 12-19 Agustus 2018. Dalam survei tersebut menunjukan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi akan kembali menjadi Partai penenang pemilu di 2019. Hasil ini berhasil mematahkan 'kutukan juara bertahan'.

"Untuk pertama kalinya sejak era reformasi, ada partai politik yang berpotensi menjadi partai pemenangan pemilu dua kali berturut-turut," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di Graha LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, (12/9).

Dalam survei yang menggunakan metode wawancara tatap muka kepada 1200 responden ini, menunjukan elektabilitas PDIP sebesar 24,8%, disusul dengan Partai Gerindra sebesar 13,1%, serta Golkar dengan 11,3%.

Adjie mengungkapkan, hasil ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu dari asosiasinya terhadap Calon Presiden tertentu. PDIP sebagai Partai yang berasosiasi dengan Capres Joko Widodo mendapatkan berkah terdongkraknya elektabilitas ke posisi tertinggi.

"PDIP dan Gerindra potensial sebagai partai utama di Pileg 2019, karena mendapat berkah dari capres yang didukungnya," ungkapnya.

Selain soal asosiasi dengan Capres, Adjie juga mengungkapkan bahwa adanya leadership yang kuat yang dipunyai oleh PDIP, ditambah dengan legitimasi kadernya, yang membuat partai berlogo banteng ini mempunyai elektabilitas tertinggi. 

"Dengan pemimpin yang kuat, partai tersebut akan mampu memaksimalkan semua potensi yang ada di dalam tubuh partai politik" ujarnya.