Mempromosikan Ngejamu untuk Milenial

Mempromosikan Ngejamu untuk Milenial
Pemenang kompetisi desain kemasan produk jamu yang diselenggarakan PT Mustika Ratu (Antara/HO-Mustika Ratu)

MONDAYREVIEW.COM – Jamu merupakan minuman yang sudah tidak asing di masyarakat Indonesia. Baik yang dijual oleh ibu-ibu secara tradisional, atau yang diproduksi secara modern seperti Mustika Ratu, jamu dipercaya memiliki banyak khasiat. Yang jelas jamu adalah minuman yang menyehatkan bagi konsumennya. Sayangnya minum jamu belum begitu populer khususnya di kalangan anak muda, tidak seperti meminum kopi yang aktifitasnya disebut dengan ngopi. Pandemi covid-19 menjadi peluang dan momentum untuk kembali mempopulerkan jamu dan ngejamu sebagai gaya hidup. Jika dibandingkan dengan ngopi, ngejamu jelas mempunyai khasiat dan dampak positif bagi kesehatan.

Sebagai ikhtiar guna mempromosikan kebiasaan minum jamu, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) terus berupaya melakukan terobosan kreatif di saat pandemi. Salah satu terobosan yang digagas oleh Mustika Ratu adalah dengan menyelenggarakan Kompetisi Desain Kemasan Produk Jamu RTD (RTD Packaging Design Competition) yang telah digelar sejak 6 Juli hingga 31 Agustus 2020 lalu. Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang berharap kompetisi ini bisa lebih meningkatkan keinginan masyarakat Indonesia untuk meminum jamu. Melalui kompetisi ini, diharapkan kepedulian terhadap eksistensi industri jamu di dalam negeri, untuk kemudian siap go global. Dunia usaha harus selalu kreatif mengikut-sertakan generasi milenial dan GenZ ikut berpartisipasi menggalakkan industri jamu di Indonesia dan membuat ngejamu sebagai lifestyle yang keren dan sehat.

Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Anjani menambahkan bahwa minuman jamu kini bukan lagi konsumsi orang tua yang diproduksi secara tradisional dan rasa yang kuno, melainkan minum jamu saat ini sudah menjadi kebutuhan dan kebanggaan. Lebih lanjut,Chief Marketing Officer PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Yuniastuti K Putri mengatakan para juri telah memilih Muhammad Aris Reinaldi sebagai juara RTD Packaging Design Competition. Aris berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta. Peringkat kedua yakni Alivia Putri Rahmawati yang berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta dan ketiga Aji Syahputra yang mendapatkan uang tunai Rp 3 juta.

Ngejamu sebagai new life style dalam new normal juga dikaji sekaligus dipromosikan oleh Monday Media Group dalam Diskusi Kopi Pahit pada 20 Juni 2020 yang lalu. Dalam diskusi tersebut, disimpulkan bahwa ngejamu merupakan gaya hidup menyehatkan dan harus dipromosikan khususnya di kalangan milenial. Ngejamu juga mesti bisa menjadi gaya hidup baru seperti halnya ngopi. Sejalan dengan itu, Muchlas Rowi founder Monday Media Group menyatakan bahwa masyarakat harus kembali ke herbal untuk mencegah covid-19. Hal ini karena banyak penelitian menunjukan bahwa obat herbal mengandung khasiat meningkatkan imun yang akan membuat tubuh kebal dari virus.