Mentan Jamin Stok Pangan Aman Hingga Lebaran

Mentan Jamin Stok Pangan Aman Hingga Lebaran
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/net

MONDAYREVIEW - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan stok pangan siap mencukupi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran 2018. Hal ini diyakini lantaran Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan stok pangan sejak 3 bulan sebelum bulan Ramadhan sebanyak 20 sampai 30 persen.

"Kami memantau stok seluruh Indonesia, stok siap di mana-mana di seluruh Nusantara, Stok pangan sudah disiapkan 3 bulan sebelum Ramadhan sebanyak 20-30 persen. Mulai penyediaan stok ayam dan telur. Kita sudah ekspor 2 komoditas ini, tembus ke Jepang," kata Amran dalam Rapat Koordinasi gabungan dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1439 H, di Mebes Polri, Selasa, (5/6/2018).

Menurut Amran, pemantauan stok terhadap beras dan beragam komoditas pangan lainnya merupakan tujuan utama dari digelarnya rapat koordinasi gabungan tersebut. Ia menegaskan, pasokan kebutuhan pokok lainnya hingga Idul Fitri seperti beras, daging sapi, cabai besar rawit, bawang merah, daging ayam dan telur cukup.

Selain itu, Ia juga menuturkan bahwa berbagai pihak terkait terus berkoordinasi baik untuk menambah stok, memperluas area tanam lahan pertanian, serta meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

"Stok lainya seperti beras hari ini 1,5 juta ton. Daging sapi sudah disiapkan dari awal dan gula pasir 2 minggu ke depan dipastikan stabil. Bahkan sesudah idul fitri dipastikan stabil. Jadi komoditas pangan straregis aman dan cukup,” terang Amran.