Moledoko Ingin Ketua BPIP yang Baru Berkapasitas Sekelas Yudi Latif

Moledoko Ingin Ketua BPIP yang Baru Berkapasitas Sekelas Yudi Latif
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko/net

MONDAYREVIEW - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, memberi tanggapan soal mundurnya Yudi Latif sebagai Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurutnya pemerintah harus segera mencari figur pengganti Yudi dengan kapasitas yang setidaknya memiliki kemampuan setara dengannya.

"Harus dicarikan figur-figur lain yang kira-kira kapasitasnya mendekati sama atau bahkan sama. Saat ini Pancasila sungguh diperlukan," kata Moeldoko di Jakarta, Jumat, (8/6/2018).

Hal itu harus segera dilakukan, lantaran keberadaan BPIP tetap sangat diperlukan, terutama dalam mengatasi persoalan lunturnya nilai Pancasila di tengah masyarakat. 

“Butuh lembaga yang khusus menangani dan membuatkan road map tentang bagaimana menggelorakan nilai Pancasila dalam berbagai segi,” terang Moeldoko.

Terkait mundurnya Yudi, Ia sendiri mengaku kaget ketika mengetahui ketua BPIP mengundurkan diri. Menurutnya, hal itu tidak pernah dibahas atau disampaikan meski mereka bertemu sekitar tiga minggu lalu. Karena itu, dia mengungkap tidak ada masalah serius yang melatar belakangi pengunduran diri Yudi.

"Tidak ada alasan apapun dari beliau. Kalau yang saya baca, beliau memberikan pesan di WhatsApp, itu untuk memberi kesempatan bagi tunas-tunas baru untuk bangkit," terangnya.