MU yang Tertatih Namun Berpeluang Jadi Kampiun Liga Europa

MU yang Tertatih Namun Berpeluang Jadi Kampiun Liga Europa
Fellaini merayakan gol di semifinal leg kedua Liga Europa (Bleacher Report)

MONDAYREVIEW.COM – Manchester United berhasil mencapai babak final Liga Europa setelah di leg kedua semifinal bermain imbang 1-1 melawan Celta Vilgo di Old Trafford, Jumat (12/5) dini hari WIB. Dengan demikian secara agregat Setan Merah unggul 2-1 atas wakil asal Spanyol tersebut.

MU mencetak gol terlebih dahulu melalui Marouane Fellaini di menit ke-17. Umpan silang dari Marcus Rashford berhasil disambut dengan sundulan kepala Fellaini yang tak mampu dihadang kiper Sergio Alvarez.

Dengan cederanya Zlatan Ibrahimovic, sosok Rashford menjadi begitu penting. Seperti terlihat dari 4 gol terakhir MU di Liga Europa tak terlepas dari andil Rashford baik lewat gol ataupun assist.

Celta Vigo sendiri bukan tanpa perlawanan, dari sisi penguasaan bola tim tamu berhasil unggul dengan 67%. Pun begitu dengan jumlah tendangan Celta Vigo yakni 16 berbanding dengan 11 yang dicatatkan United.

Celta Vigo setelah secara telaten menggedor pertahanan MU, akhirnya memetik hasil pada menit ke-85 melalui sundulan Facundo Roncaglia. Celta Vigo bahkan nyaris menghadirkan mimpi buruk bagi tim tuan rumah, jika saja John Guidetti tidak melewatkan kesempatan di tendangan terakhir.

“Karena tentu saja melawan Celta adalah pertandingan terpenting dalam sejarah kami dan sangat penting bagi kami dapat mengimbanginya dengan hasrat. Ketika pertandingan menjadi sulit, ketika mereka tampil lebih baik dari kami, ketika kami dalam masalah, ketika kami tidak bermain baik, itu adalah masalah mental dan hasrat dan kebersamaan yang membuat anak-anak berjuang hingga akhir,” kata Jose Mourinho menganalisa pertandingan.

MU sendiri dipastikan tanpa Eric Bailly di final dikarenakan pemain berpaspor Pantai Gading tersebut mendapatkan kartu merah pada menit ke-87. Tak hanya Bailly yang mendapatkan kartu merah, Facundo Roncaglia pun mendapatkannya dikarenakan perseteruan di tengah lapangan.

Di final, Setan Merah akan menghadapi Ajax Amsterdam yang berhasil menaklukkan Lyon 5-4 secara agregat di semifinal. MU akan menghadapi Ajax yang kaya akan talenta muda di Stockholm pada Rabu (24/5).

Liga Europa merupakan trofi yang belum pernah diraih oleh Manchester United. Jika berhasil menjadi juara Liga Europa, maka armada yang dilatih Jose Mourinho akan memastikan tiket ke Liga Champions musim mendatang. Gelar Liga Europa juga akan menjadi trofi mayor kedua yang diraih Jose Mourinho di MU setelah gelar Piala Liga Inggris.

MU yang tertatih-tatih di Liga Europa punya momentum baik di final mengingat Jose Mourinho merupakan pelatih kelas juara ketika mencapai final. Pelatih berusia 54 tahun tersebut telah berhasil memenangkan 11 dari 13 kesempatan di babak final.