Obama, Film Dokumenter dan Oscar

MONDAYREVIEW.COM – Mantan Presiden bergerak dalam aktivitas sosial sudah sering kita dengar. Yang ini beda. Mantan presiden dan istrinya memilih mendirikan rumah produksi film. Dan hasilnya tidak mengecewakan. Rumah produksi Barack dan Michelle Obama, Higher Ground, memenangkan Academy Award pertamanya.

Film dokumenter yang berbobot dan membawa pesan kuat. "American Factory" meraih penghargaan bergengsi untuk film dokumenter panjang atau feature terbaik pada penganugerahan Oscar 2020.

Difilmkan dari Februari 2015 hingga akhir 2017, Reichert dan Bognar diberikan akses pembuatan film oleh Fuyao di lokasi pabrik mereka di Ohio dan Cina. Mereka terinspirasi untuk membuat film ini karena acara yang ingin mereka gambarkan sedang berlangsung di pabrik Moraine Assembly yang sama yang pernah ditempati oleh General Motors, yang merupakan topik utama dari film dokumenter 2009 The Last Truck: Closing of a GM Plant.

Kisah ini berasal dari Ohio dan Cina tetapi itu bisa benar-benar dari mana saja. Orang-orang yang bekerja semakin sulit belakangan ini, kata Julia Reichert. Mereka percaya segalanya akan menjadi lebih baik ketika para pekerja di dunia bersatu.

Dokumenter ini ditayangkan di platform konten film dan tayangan TV berbasis internet Netflix. Dalam sebuah adegan menggambarkan Zach Ray sedang bekerja di pabrik Fuyao Glass America di Dayton, Ohio. Berkisah tentang pabrik kaca mobil Ohio yang dijalankan oleh investor Cina. Ini mengeksplorasi banyak masalah, termasuk hak-hak pekerja, globalisasi, dan otomatisasi.

Pabrik Fuyao, dibeli oleh industrialis Cina Cao Dewang, mempekerjakan sekitar 2.200 pekerja Amerika dan 200 pekerja Cina.

Film ini memberikan pandangan dari dekat tentang bagaimana budaya menyesuaikan satu sama lain. Antara pekerja AS dan Tiongkok atau Cina. Dimana masing-masing memiliki latar belakang kultural yang menghambat kerjasama dalam proses produksi.   

Ketegangan meningkat ketika pabrik pada awalnya tidak memenuhi tujuan produksi, memuncak dalam pertarungan sengit tentang hak untuk berserikat. Apa yang menjadi poin-poin krusial dalam perbedaan kubu liberal vs komunis atau sosialis mengemuka.  

Kebahagiaan dan kebanggaan Sang mantan Presiden terbaca di akun twitternya. Obama mencuit "Selamat kepada Julia dan Steven, pembuat film di belakang American Factory, karena menceritakan kisah yang begitu kompleks dan mengharukan tentang konsekuensi yang sangat manusiawi dari perubahan ekonomi. Senang melihat dua orang yang berbakat dan benar-benar baik membawa pulang Oscar untuk rilis pertama Higher Ground. "

Sebelum sampai proses pengeditan para pembuat film memutuskan untuk memusatkan pengalaman para pekerja sendiri selama pengambilalihan pabrik Fuyao, yang mereka gambarkan sebagai detak jantung cerita.

Bagian bahasa Mandarin Mandarin dari film ini difasilitasi oleh dimasukkannya dua pembuat film Cina, Yiqian Zhang dan Mijie Li, satu atau keduanya akan melakukan perjalanan ke Ohio setiap bulan. Para sutradara mengakui bahwa keduanya penting dalam menyediakan koneksi ke mata pelajaran Cina yang digambarkan dalam film.

Para pembuat film menerapkan pendekatan pembuatan film dokumenter langsung, di mana tidak ada dialog di luar dengan subyek film ini, dan suara pabrik dan dialog para pekerja diprioritaskan.

Untuk membuat fokus seperti pendekatan audio visual, pembuat film menerapkan penggunaan mikrofon lavalier untuk secara efektif menyeimbangkan dialog pekerja di tengah-tengah kebisingan yang berasal dari mesin pabrik.

Narasi pengisi suara yang disediakan oleh pekerja pabrik sering direkam di rumah masing-masing, sehingga terlepas dari setting atau suasana pabrik. Menurut Bognar, menerapkan narasi film dengan cara ini untuk menciptakan efek penggambaran monolog batin seorang pekerja.

Jadi, film ini bisa jadi referensi penting saat kita membahas omnibus law atau UU Cipta Lapangan Kerja.