Pansus : RUU Antiterorisme Akan Rampung Akhir Mei

Pansus : RUU Antiterorisme Akan Rampung Akhir Mei
Supiadin Aries Saputra, di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5).

MONDAYREVIEW- Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Revisi UU Tindak Pidana Terorisme, Supiadin Aries Saputra, menyebut pembahasan UU Terorisme akan segera rampung. Menurut dia pembahasan di pansus kini tinggal definisi terorisme, dan itu akan segera selesai dalam waktu dekat.

"Clear sudah tinggal 1 menyelesaikan ini tanggal 23 insya Allah saya selaku Ketua Tim Perumus, 23 itu kita selesai karena tinggal itu saja definisi," ujar Supiadin, di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5/2018).

Supiadin menjelaskan, pihaknya akan membuat definisi yang komperhensif dan efektif terkait terorisme. Sehingga nanti siapapun yang masuk dalam definisi terorisme yang ada akan segera ditindak, dan tidak salah sasaran.

Selain itu, Supiadin juga menegaskan, bahwa definisi terorisme yang dibuat tidak boleh mengarah pada salah satu kelompok agama saja. Karena menurut dia, teroris tidak ada hubungannya dalam ajaran agama.

"Jadi kita ingin tidak boleh definisi ini mengarah pada sekelompok orang misalnya Islam. Karena teroris tidak identik dengan islam, itu pribadi tidak dalam konteks keagamanan," tegasnya.

Sementara terkait percepatan pengesahan RUU Terorisme, Supiadin menampik, hal itu dilakukan karena terjadi rentetan aksi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini. Ia menyebut, satu Poin satu poin tesebut yang menjadi ganjalan sebelum reses. "Awam tidak paham suasana batin kita dalam membahas UU," ungkap Supiadin.