Peluang di Era 4.0 : SMK Kompetensi Mekatronika

Peluang di Era 4.0 : SMK Kompetensi Mekatronika
smkn1batam.sch.id

MONDAYREVIEW.COM – Kalau mendengar atau membaca istilah mekatronika mungkin kita bisa menebak bahwa hal itu tak jauh-jauh dari mekanika dan elektronika. Tidak salah. Namun apakah kita menggunakannya dalam pekerjaan dan keseharian kita? Ya, ternyata di era yang semakin canggih ini hidup kita semakin banyak berhubungan dengan mesin. Hingga perlu ilmu yang menjadi jembatan antara kita dengan mesin.

Sebagai contoh sistem mekatronik pada kendaraan bermotor adalah sistem rem ABS ( Anti-lock Breaking system) atau sistem pengereman yang menghindari terkuncinya roda sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dalam pengereman mendadak, ESP ( Elektronik Stability Programm), ABC ( Active Body Control) dan Motor-Managemen-System.

Dalam teknologi penerbangan modern digunakan Comfort-In-Turbulence System sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penumpang walau ketika terjadi turbulensi. Juga Gust Load Alleviation serta banyak contoh lainnya.

Sementara dalam teknik produksi mekatronika digunakan pada sensor pada robot. Sistem kendali umpan balik pada elektromotor berkecepatan rotasi tinggi dengan ‘pemegang as’ tenaga magnet.

Dalam keseharian kita menggunakan mekatronika dalam bentuk pemutar CD, harddisk serta mesin pencetak berkecepatan tinggi, atau alat-alat elektronika lainnya.

Teknologi terus berkembang. Tuntutan di dunia usaha juga berubah. Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu lembaga pendidikan pun mau tak mau harus menyesuaikan diri. Untuk dapat bersaing bahkan berupaya menjadi yang terdepan.

Salah satu kompetensi atau jurusan baru di SMK adalah Mekatronika. Ilmu Teknik Mekatronika adalah penggabungan ilmu mesin Mekanik dan Elektronika yang dihubungkan dengan Teknologi Informatika.

Bidang ilmu ini berasal dari Jepang dan dicetuskan oleh perusahaan Yasakawa. Pada awalnya, ilmu ini dikhususkan pada bidang Feikwerktechnik, yaitu cabang yang mengutamakan ketelitian seperti pada peralatan optik. Seiring berkembangnya zaman, ilmu ini diperluas untuk mesin-mesin yang lebih kompleks dan modern terutama pada dunia informatika.

Aplikasi Mesin Teknik Mekatronika sendiri bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada mesin fotokopi, pintu otomatis, anti-lock breaking system, dan sebagainya. Pada bidang industri, para insinyur Teknik Mekatronika mengembangkannya ke dalam mesin-mesin yang terintegrasi untuk mengolah suatu produk dari bahan mentah menjadi barang jadi.

Sistem dan perangkat utama pada Teknik Mekatronika terdiri dari beberapa komponen penting seperti  sistem kontrol (Signal and system), sensor dan aktuator (sensor and actuators), konsep mekanikal (physical system modeling),  perangkat lunak dan akusisi data (software and data acquisition), komputer dan sistem logika (computer and logic system)

Lulusan SMK kompetensi Mekatronika akan mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer.

Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain.

SMKN 2 Cimahi, SMKN 4 jakarta, dan SMKN 1 Batam adalah tiga dari sekian banyak SMK yang telah memiliki jurusan atau kompetensi Mekatronika. Tertarik? ADV