Pendaftaran Capres-Cawapres Dibuka Besok, KPU Ingatkan Soal Dokumen Perjanjian Partai Pengusung

Pendaftaran Capres-Cawapres Dibuka Besok, KPU Ingatkan Soal Dokumen Perjanjian Partai Pengusung
Ilustrasi foto/net

MONDAYREVIEW - Menjelang pendaftaran Capres-cawapres yang akan dibuka besok, Sabtu, (4/8), KPU mengingatkan pentingnya dokumen perjanjian partai pengusung presiden. Hal ini berkenaan dengan persyaratan ambang batas jika partai ingin mencalonkan presiden.

"Dokumen perjanjian atau kesepakatan antar partai yang mengusulkan atau mendaftarkan pasangan capres cawapres, ini yang penting disiapkan," kata Komisioner KPU Hasyim Asyari, di kantornya, Jumat (3/8/2018).

Ia mengatakan, bahwa dokumen tersebut harus resmi dari partai pengusung, supaya diketahui memenuhi memenuhi syarat 20 persen kursi di parlemen dan 25 persen suara sah nasional, ataukah tidak.

"Partai-partai ini yang memenuhi syarat kalau berkoalisi ya, misalkan 20 persennya maka masing-masing pimpinan parpol ketum dan sekjen kan membubuhkan tanda tangan dan cap partai di dokumen pencalonan, terang Hasyim.

Selain itu, Hasyim juga mengingatkan agar syarat capres-cawapres agar diisi dan ditandatangani oleh pendaftar. "Kalau ini (syarat calon) yang tanda tangan masing-masing jadi relatif mudah untuk tanda tangan nya," terangnya.