Sang Pecinta Matematika Sejak Dulu Kala

Sang Pecinta Matematika Sejak Dulu Kala
Stanve Avrilium Widjaja

MONDAYREVIEW.COM – Matematika bagi Stanve Avrilium Widjaja merupakan “santapan” dan hobinya semenjak kecil. Ragam prestasi di bidang Matematika berhasil ditorehkan siswa kelas 8 SMPK IPEKA Plus BSD ini. Stanve pernah meraih medali emas di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD empat tahun lalu. Kala diwawancara Monday Review, Stanve membagi resep suksesnya di ajang kompetisi Matematika.

“Ini berdasarkan pengalaman saya, jika ingin mendapat emas dalam kompetisi Matematika, pastinya kemampuan kita harus melebihi yang lain, maksudnya kita harus benar-benar bisa Matematika,” ujar Stanve. “Untuk bisa Matematika, kita harus rutin dan rajin belajar, minimal sisihkan 2 jam setiap hari bersekolah dan 4-5 jam setiap hari libur. Mengapa kita harus menyisihkan waktu sebanyak itu? Jawabannya adalah konsistensi, konsistensi, dan konsistensi. Untuk “bisa” bukan hanya “mengerti” tetapi “berkompeten”, “thinking out of the box”, “mengenal setiap bagian/rahasia/trik soal” dan itu semua butuh latihan.”

Menurut peraih medali emas di Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016 ini soal-soal Matematika di lomba internasional punya trik-trik tersendiri.

“Soal-soal Matematika, terutama yang internasional, seringkali soalnya punya trik-trik yang aneh. Untuk menemukannya, dibutuhkan insight yang perlu dilatih, yang membutuhkan pikiran yang terbuka. Maka dari itu, rumus jangan hanya dihafal mati/baku seperti di sekolah, melainkan dimengerti/dikenal, dan harus tahu bagaimana dan kapan ia dipakai. Seringkali, kita dituntut memodifikasi rumus, karena rumus pun masih terlalu umum dan biasanya pembuat soal membuat soal yang membutuhkan cara-cara tertentu dan penggunaan rumus yang tidak terlihat,” imbuh Stanve yang juga turut membantu Tim Indonesia C meraih medali perak di Team Contest dan medali perunggu Grup Contest Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016.

Stanve juga memberikan trik dalam belajar Matematika yakni menyertakan senyum.

“Lalu, bagaimana cara kita menguasai dunia Matematika yang kompleks? Pada tahun-tahun pertama, pastilah pada suatu titik kita malas belajar karena merasa susah, tidak termotivasi, dan lain-lain. Jawabannya kita harus senyum dalam belajar, bukan menggerutu. Matematika akan terasa menyenangkan seperti puzzle jika kita telah terbiasa,” ujar Stanve Avrilium Widjaja yang mencatatkan dirinya sebagai peraih medali emas di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP tahun 2016.