Tjahjo Jamin Tak Pakai Fasilitas Negara Untuk Kampanye

Tjahjo Jamin Tak Pakai Fasilitas Negara Untuk Kampanye
Mendagri Tjahjo Kumolo/dok. Kemendagri.go.id

MONDAYREVIEW -  Sebagai Pendukung Pasangan Capres Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan dirinya akan ikut serta dalam mengkampanyekan pasangan nomor urut 01 tersebut. Meski begitu, Ia menjamin tidak akan menggunakan fasilitas negara pada saat kampanye.

"Saya jamin saat tugas kampanye tidak membawa atribut fasilitas dan protokol sebagai Mendagri, serta tidak membawa staf Kemendagri," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/9).

Selain tak memakai fasilitas negara, Ia juga mengatakan, akan mengambil cuti terlebih dahulu sebelum kampanye. Hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku dalam UU Pemilu. "pasti sebelumnya saya mengajukan cuti resmi," ucap figur dari Partai PDIP itu.

Menurut dia, mengikuti kampanye merupakan sebuah tanggung jawab moral dirinya secara politik karena telah menyatakan dukungan terhadap pasangan patahana itu. "Tanggung jawab moral saya sebagai pribadi harus ikut kampanye utnuk Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," ungkapnya.

Tjahjo yang namanya dimasukan dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menegaskan, dirinya akan bisa membedakan antara tugas negara dan tugas politiknya dalam mendukung salah satu calon. Karena itu, Ia meminta masyarakat tak perlu khawatir akan melanggar aturan yang ada.

"Saya bisa memilah tugas sebagai jurkam dan tugas saya sebagai Mendagri. Bawaslu, media dan masyarakat pasti ikut mengawasi tugas saya," pungkasnya.