Uang Kripto Semakin Cemerlang

Uang Kripto Semakin Cemerlang
ilustrasi bitcoin/ forbes.com

MONDAYREVIEW.COM – Meski banyak yang belum percaya nilai uang kripto terus melesat. Bahkan mengejutkan dalam sepekan terakhir. Ada apa di balik pergerakan uang kripto yang melonjak tajam nilainya? Nilai sekeping uang digital yang tak kasat mata itu hari ini 173.102.861,20 Rupiah. Luar biasa!

Fluktuasi terbesar Bitcoin dalam lebih dari seminggu telah mendorongnya ke ambang USD 12.000. Ini level ‘merah’ yang membuat semua memelototi grafik terkait. Jangan-jangan ada yang tidak beres. Namun fakta menunjukkan sebaliknya.

Mata uang digital terbesar di dunia naik sebanyak 3,4% pada kemarin menjadi sekitar USD 11.835. Para pengguna dan pendukung Uang Kripto mencatat dengan cermat level USD 12.000 sebagai rintangan utama untuk dilewati sebelum dapat memulai reli yang lebih besar.

Indeks Bloomberg Galaxy Crypto, yang melacak beberapa koin digital terbesar, juga ikut naik, naik 4,5% pada satu titik. Dash dan Monero termasuk di antara uang kripto yang masing-masing naik lebih dari 5%.

Dana Moneter Internasional menjadi tuan rumah panel virtual tentang pembayaran lintas batas dan mata uang digital yang menampilkan Manajer Umum BIS Agustin Carstens serta Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Powell mengatakan bank sentral sedang mengevaluasi biaya dan manfaat mata uang digital tetapi belum memutuskan apakah akan menerbitkannya. Dia juga setuju dan mendukung pada Libra Facebook Inc. sebagai katalisator untuk lebih fokus dalam menangani berbagai kendala dalam pengembangan uang kripto.

Beberapa wacana dan perdebatan setidaknya sebagian membantu menjelaskan pergerakan Bitcoin lebih tinggi karena diawasi dengan ketat oleh komunitas crypto, kata Mati Greenspan, pendiri Quantum Economics.

Komentar dari Jerome Powell dan peserta lainnya menjelaskan seberapa jauh jarak berbagai negara dalam hal CBDC. Mengacu pada mata uang digital bank sentral. Banyak orang di media sosial dengan cepat menunjukkan bahwa mata uang digital yang benar-benar global dan terdesentralisasi sudah ada. Demikian menurut Greenspan.

Perdagangan bitcoin pada hari Senin juga membantunya melawan tren baru-baru ini yang bergerak bersama-sama dengan ekuitas AS, di mana ia sering naik dan jatuh pada hari-hari tanpa risiko. Indeks S&P 500 turun karena investor mempertimbangkan kemajuan terbaru pada tagihan pengeluaran pemerintah baru yang dimaksudkan untuk membantu menopang ekonomi.

Banyak analis tetap mem-bully pada cryptocurrency, didorong oleh pasokan yang terbatas dan dihibur oleh penerimaan institusional (investasi) yang lebih besar dalam beberapa minggu terakhir. Square Inc., misalnya, mengatakan awal bulan ini telah melakukan investasi sekitar $ 50 juta dalam Bitcoin.

Bitcoin muncul sebagai oasis yang relatif tenang dan berkinerja baik. Demikian analisis Mike McGlone, seorang analis dari Bloomberg Intelligence, dalam sebuah catatan. Seharusnya ada sedikit keraguan bahwa teknologi dan digitalisasi akan terus berkembang, namun pasokan Bitcoin akan terus menyusut, dan akhirnya mendongkrak harganya harganya.

Apa anda tertarik? Keputusan tentu di tangan anda. Yang jelas kita mau tak mau telah berada di era digital dengan geliat uang kriptonya.