Xi dan Pesan Revitalisasi Pedesaan

 

MONDAYREVIEW.COM – Kongres Nasional Rakyat China yang ke 13 tengah diogelar. Terkait dengan kegiatan tersebut, Presiden Cina Xi Jinping pada hari Jumat menyerukan lebih banyak upaya untuk menerapkan strategi revitalisasi pedesaan dengan tujuan utama untuk memodernisasi pertanian dan daerah pedesaan.

Isu keamanan pangan terutama dengan memberi perhatian lebih pada desentralisasi dan pemberdayaan daerah pedesaan menguat dalam Kogres tersebut. Hal lain yang juga dibahas adalah isu pembangunan berbasis ekologi.

"Tugas utama untuk menerapkan strategi revitalisasi pedesaan adalah untuk memastikan pasokan hasil pertanian penting, khususnya gandum," kata Xi, yang juga sekretaris jenderal Komite Central Committee Komunis China.

XI yang juga ketua Komisi Militer Pusat menegaskan pula perlunya upaya  untuk mempromosikan reformasi struktural.  Sisi penawaran di sektor pertanian untuk mencapai ketahanan pangan perlu dilakukan. Sejalan dengan itu dijalankan  pembangunan pertanian yang modern dan efisien.

Xi juga menyerukan peningkatan perlindungan lingkungan ekologi pertanian dan pencegahan serta perawatan polusi di daerah pedesaan. Isu lingkungan mendapat perhatian yang serius sejalan dengan kesadaran global untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran.

Pemerintah China juga menekankan hukuman ketat terhadap kejahatan yang melibatkan keamanan pangan untuk memastikan hasil pertanian yang aman bagi publik.

Hal yang juga mendapat perhatian adalah langkah-langkah untuk mempromosikan aliran dua arah dan pertukaran faktor yang setara, termasuk sumber daya manusia, tanah dan modal, antara daerah perkotaan dan pedesaan.

"Tugas untuk memberantas kemiskinan ekstrem harus dipenuhi pada tahun 2020," Xi menekankan.

Implementasi strategi revitalisasi pedesaan dan mencari kemajuan dalam pekerjaan yang terkait dengan pertanian, daerah pedesaan dan petani harus dipertimbangkan dan dipromosikan dalam pembangunan ekonomi dan sosial secara keseluruhan, kata Xi.

Li Keqiang, Wang Huning dan Han Zheng - anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC - pada hari Jumat juga secara terpisah bergabung dalam musyawarah dengan para deputi NPC.

Perdana Menteri Li Keqiang menekankan membangun lingkungan bisnis yang adil dan nyaman bagi perusahaan di bawah segala bentuk kepemilikan, ketika bergabung dalam musyawarah dengan para deputi dari Provinsi Hubei.

Dia menyerukan upaya untuk sepenuhnya melaksanakan reformasi pemotongan pajak dan biaya dan lebih lanjut merangsang vitalitas pasar.

Wang Huning, seorang anggota Sekretariat Komite Sentral CPC, meminta para deputi dari Provinsi Hunan China bagian tengah untuk mengambil langkah-langkah lebih besar dalam mendorong pengembangan kualitas tinggi.

Dia juga menyerukan untuk mengambil pendekatan yang berpusat pada orang untuk lebih memenuhi harapan baru orang-orang untuk kehidupan budaya mereka.