Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Sosok Ridwan Kamil Kandidat Pendamping Ganjar Pranowo

Belum lama ini RK atau Kang Emil, begitu pria necis ini sering disapa, membangun patung Bung Karno di Kota Kembang. Upaya ini bukan tidak mungkin akan menyentuh sanubari Mbak Mega. Sebuah monumen yang mengabadikan pesan ideologis marhaenisme. Dan petani Marhaen adalah petani kecil di suatu desa di Jawa Barat yang menjadi spirit ideologi Bung Karno.

Nama Ridwan kamil menguat menjadi calon pendamping Ganjar Pranowo sebagai bacawapres Pemilu 2024. Hal itu terkonfirmasi dalam pernyataan Ketua DPP PDIP Aria Bima. Hal ini menurutnya terkait dengan artikulasi dan narasi kepentingan di ruang publik.

Disamping nama Sandiaga Uno, Mahfud MD, bahkan AHY tidak dipungkiri juga masih menjadi nama-nama kuat di kantong Megawati Sukarnoputri. Disamping memiliki pengaruh kuat di dunia maya Ridwan Kamil adalah mantan Gubernur dari provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 50 juta jiwa.

Ridwan Kamil, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kang Emil, merupakan salah satu sosok pemimpin muda yang paling berprestasi di Indonesia. Ia baru saja pensiun sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Pengalamannya cukup dan rapi berjenjang dalam pemerintahan. Ia juga pernah menjadi walikota Bandung.

Belum lama ini RK atau Kang Emil, begitu pria necis ini sering disapa, mulai membangun patung Bung Karno di Kota Kembang. Upaya ini bukan tidak mungkin akan menyentuh sanubari Mbak Mega. Sebuah monumen yang mengabadikan pesan ideologis marhaenisme. Dan petani Marhaen adalah petani kecil di suatu desa di Jawa Barat yang menjadi spirit ideologi Bung Karno.

Kita kembali ke sosok Kang Emil. Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 4 Oktober 1971. Ia merupakan lulusan Fakultas Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas California, Berkeley. Bangsa ini selalu mengingat Soekarno juga alumni ITB yang di masa Hindia Belanda bernama Sekolah Tinggi Teknik Bandung.

Sebelum terjun ke dunia politik, Ridwan Kamil dikenal sebagai seorang arsitek dan urban planner yang sukses. Ia pernah bekerja di berbagai firma arsitek terkemuka di Amerika Serikat dan Asia, termasuk Skidmore, Owings & Merrill, SOM.

Pada tahun 2013, Ridwan Kamil terpilih sebagai Wali Kota Bandung. Selama masa jabatannya, ia berhasil membawa Bandung menjadi salah satu kota metropolitan paling modern dan ramah lingkungan di Indonesia.

Beberapa prestasi Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung antara lain mewujudkan Bandung sebagai kota ramah lingkungan dengan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 25%. Ia juga membangun berbagai infrastruktur transportasi publik, seperti Bus Rapid Transit (BRT) dan Skywalk. Lalu, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Bandung.

Pada tahun 2018, Ridwan Kamil terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat. Selama masa jabatannya, ia terus melanjutkan berbagai program pembangunan yang telah dilakukannya di Bandung.

Prestasi Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat antara lain mewujudkan Jawa Barat sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia. Lalu, meningkatkan kualitas infrastruktur, seperti jalan tol, jembatan, dan bandara. Ia juga mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Jawa Barat. Dan Ridwan Kamil merupakan sosok pemimpin yang visioner dan inovatif. Ia memiliki visi untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang maju, modern, dan sejahtera.

Selain prestasinya di bidang pemerintahan, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai sosok yang aktif di media sosial. Ia sering menggunakan media sosial untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat dan menyampaikan berbagai ide dan pemikirannya.

Kesuksesan Ridwan Kamil di usia yang masih relatif muda membuatnya menjadi salah satu tokoh politik muda yang paling disorot di Indonesia. Ia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk menjadi presiden di masa depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...