Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sosok

Rosan Perkasa Roeslani Dirijen Orkestrasi TKN

Memimpin orkestrasi Timses adalah tantangan tersendiri. Kepemimpinan dalam organisasi dan bisnis menjadi tolok ukurnya. Apalagi Rosan memiliki pengalaman sebagai Dubes dan Wakil Menteri. Sosok ini tentu memiliki kapasitas yang mumpuni.

Sorotan publik makin terlihat saat Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani ditunjuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju yang mengusung paslon Gibran-Prabowo. Sudah barang tentu netizen mulai menjelajah namanya di dunia maya. Kesan pertama yang muncul salah satunya adalah pengusaha teman Erick Thohir. Rosan pernah membeli Inter MIlan bersama Erick dan satu kompanyon lainnya.  

Memimpin orkestrasi Timses adalah tantangan tersendiri. Kepemimpinan dalam organisasi dan bisnis menjadi tolok ukurnya. Apalagi Rosan memiliki pengalaman sebagai Dubes dan Wakil Menteri. Sosok ini tentu memiliki kapasitas yang mumpuni. 

Dari perjalanan yang dimulai dari sebuah kantor kecil dengan lima staf dan ruang 70 meter persegi, Rosan Roeslani telah membuktikan keberhasilannya dengan mengembangkan Recapital menjadi entitas bisnis yang memiliki lebih dari 24.000 staf, dengan jangkauan kantor yang meluas hingga ke mancanegara. Dedikasinya dalam memperluas bisnis, kontribusi pada sektor finansial, properti, media, dan upayanya dalam mendukung UKM menandai jejaknya sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Sepak terjangnya di dalam dan luar negeri tidak diragukan lagi. Rosan awalnya dikenal sebagai pengusaha hingga pernah  menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia/KADIN (2015-2021). Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Pemerintah Belgia menganugerahkan gelar kehormatan “The Order of Leopold of Belgium” sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Itulah Rosan Perkasa Roeslani, yang lahir pada 31 Desember 1968. Rosan salah satu figur terkemuka dalam dunia bisnis Indonesia. Publik belum lama mengenalnya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, dan Wakil Komisaris Utama PT Pertamina, Roeslani telah menorehkan perjalanan yang mengesankan dalam dunia bisnis, finansial, dan kepemimpinan.

Rosan adalah sosok pengusaha dan investor yang berkecimpung pada sektor-sektor strategis termasuk perbankan dan keuangan, infrastruktur, real estate dan pariwisata. Ia aktif juga di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjabat sebagai Wakil Ketua, Perbankan dan Keuangan. Rosan menjabat sebagai Komisaris PT. Mahaka Media Tbk sejak tahun 2008. Saat ini masih aktif sebagai President Director Recapital Advisor serta Dewan Komisaris PT. Lativi Mediakarya (TV One). Dia juga mitra Thohir dalam pembelian klub DC United di MLS. 

Bersama mitra bisnisnya, Sandiaga Uno, Rosan memulai jejaknya sebagai penasihat keuangan pada tahun 1996. Perusahaan yang kemudian dikenal sebagai Finance Indonesia didirikan pada tahun 1997, bertujuan untuk memberikan solusi keuangan di tengah gejolak ekonomi. Meskipun awalnya dicibir, perusahaan ini akhirnya mencuri perhatian pemodal besar saat krisis ekonomi melanda Indonesia pada akhir 1997.

Tahun 2002 menandai perubahan nama dari Indonesia Finance menjadi Recapital. Dari perusahaan kecil, Recapital tumbuh menjadi salah satu pemain besar dan kompeten dalam manajemen aset keuangan serta kerja sama strategis. Roeslani mengungkapkan visinya untuk mendatangkan investor guna mendukung perusahaan yang membutuhkan restrukturisasi. Ide ini mendorong perluasan bisnis Recapital ke sektor finansial, perbankan, pertambangan, infrastruktur, properti, media, dan telekomunikasi.

Recapital, di bawah kepemimpinan Roeslani, menjelma menjadi entitas multisektor yang memiliki kehadiran di berbagai bidang industri. Dari sektor finansial melalui Recapital Securities, Recapital Asset Management, hingga sektor properti dengan kepemilikan hotel mewah, resort di Bali, dan proyek properti terbaru di Pulau Karang Beras di Kepulauan Seribu, Jakarta. Di bidang media, Recapital memiliki saham di PT Mahaka Media yang bergerak dalam berbagai bidang seperti penerbitan surat kabar, majalah, outdoor media, hingga teknologi informasi.

Rosan Roeslani tidak hanya dikenal dalam dunia bisnis, namun juga aktif dalam berbagai organisasi. Perannya dalam KADIN, terutama dalam bidang perbankan dan finansial, menciptakan inisiatif seperti pendirian PT Palapa Nusantara Berdikari, yang bertujuan untuk mendukung pembiayaan UKM di seluruh Indonesia.

Kini sebuah peran sentral tengah dilakoninya dalam politik. Jika Prabowo Gibran menang tentu banyak gagasan dan kontribusinya akan mewarnai Pemerintahan ke depan. Dan salah satu agenda penting setiap rezim adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menarik minta investor. Dan Rosan adalah the right man on the right place untuk mengemban peran itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...