Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Debat Capres, Ini 7 Poin Pandangan Prabowo Yang Lugas dan Tegas

Dalam debat capres pertama, Prabowo mengungkap pandangan-pandangan politiknya tentang hukum, demokrasi, dan persatuan bangsa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja menggelar debat pertama Pilpres 2024 pada Selasa malam (12/12/2023). Di debat perdana ini, terjadi saling sanggah yang intens terutama antara Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan. 

Berbagai isu strategis diungkapkan oleh masing-masing Calon Presiden dengan gaya yang berbeda. Sejumlah isu menarik dicatat Mondayreview dalam 7 poin berikut ini.  

#1. Prabowo Menegaskan Indonesia Demokratis

Capres Anies Baswedan mengkritisi demokrasi Indonesia yang belum berjalan dengan baik. Kritik Anies terutama ditujukan bagi Pemerintahan saat ini yang membungkam kebebasan berpendapat. Prabowo pun menyanggah. Menurut Prabowo, kalau bukan karena demokrasi mustahil Anies menjadi Gubernur.

Mas Anies dipilih jadi Gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa. Saya yang usung bapak,” jelas Prabowo.

“Kalau Jokowi diktator anda tidak mungkin jadi Gubernur saya waktu itu oposisi mas Anies anda ke rumah saya anda oposisi anda terpilih,” paparnya.

Menurut Prabowo terpilih menjadi Gubernur melalui mekanisme demokrasi. Jika Indonesia tidak demokratis Anies tidak bisa jadi Gubernur.

Pernyataan Prabowo mengenai demokrasi di Indonesia menjadi sorotan penting dalam debat kali ini. Bagi Prabowo demokrasi menggambarkan pentingnya partisipasi rakyat dalam mengambil keputusan. Prabowo mempertegas bahwa demokrasi adalah landasan utama bagi negara ini untuk berkembang dengan baik. Memastikan hak-hak rakyat terlindungi dan memiliki akses yang sama terhadap kesempatan dalam kehidupan politik.

#2. Kondisi Ekonomi dan Stabilitas Harga di Indonesia

Soal harga barang khususnya kebutuhan pangan kerap menjadi kritikan di masyarakat akhir-akhir ini. Faktanya meski harga beberapa komoditas naik inflasi di Indonesia terkendali. Bahkan dalam beberapa momen terjadi deflasi. Sebagai ilustrasi Inflasi umum menunjukkan penurunan di bulan Oktober 2023 dari 3,7% menjadi 3,2%. Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Inflasi IHK pada Desember 2022 tercatat menjadi 0,66% (mtm) sehingga inflasi IHK 2022 menjadi 5,51% (yoy), meningkat dibandingkan dengan inflasi IHK 2021 sebesar 1,87% (yoy) dan lebih tinggi dari sasaran 3,0+1%. 

Di beberapa negara inflasi terjadi cukup dalam pada 2022 karena kenaikan harga energi akibat Perang Ukraina-Rusia. Argentina inflasinya 113%, ini pertumbuhan ekonomi berapapun tekor. Turki 47%, India 7,4%, Uni Eropa 5,3%, AS 3,2%. Meski beberapa negara ASEAN mencatat inflasi yang lebih rendah namun Indonesia tetap berada pada level yang mengesankan. 

Prabowo menyoroti stabilitas ekonomi Indonesia yang dianggapnya cukup baik. Kontrol harga yang terkendali menjadi indikator penting dalam menjaga daya beli masyarakat. Pemerintahan yang efisien dalam menjaga inflasi dan mengatur harga-harga komoditas pokok memberikan rasa kepastian pada masyarakat terkait kondisi ekonomi yang stabil.

#3. Pencapaian Signifikan dalam Pembangunan Infrastruktur Termasuk IKN

Keberhasilan dalam pembangunan infrastruktur masih menghadapi tantangan. Salah satunya dalam pembangunan Ibukota Nusantara (IKN). Bagi Prabowo IKN adalah langkah tepat untuk mengurangi beban Jakarta sekaligus menjadi langkah pemerataan pembangunan dengan perspektif Indonesia Sentris. 

Prabowo juga menyoroti prestasi nyata dalam pembangunan infrastruktur yang telah dicapai oleh pemerintah. Proyek-proyek infrastruktur besar seperti jalan, jembatan, dan fasilitas publik lainnya menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hasil dan dampaknya jelas hingga kepuasan terhadap Jokowi mencapai setidaknya 75%. 

#4. Jokowi dan Fokusnya terhadap Papua

Terkait konflik di Papua, Anies Baswedan menekankan bahwa tidak adanya keadilan di sana menjadi akar masalah. Sementara Prabowo menilai tidak sesederhana itu. Ada persoalan geopolitik dan intervensi asing disamping berbagai masalah lainnya. 

Prabowo akan melanjutkan langkah-langkah Jokowi yang dinilainya serius memberi perhatian pada Papua dengan mengunjungi setidaknya 19 kali ke wilayah tersebut. Pendekatan yang aktif dari Jokowi terhadap wilayah Papua menjadi perhatian khusus yang disoroti oleh Prabowo. Upaya yang intensif dalam memperbaiki infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan di wilayah tersebut menunjukkan komitmen Jokowi dalam memperhatikan seluruh bagian dari negeri ini, termasuk yang terpencil.

#5. Pilihan ada pada Rakyat

Terkait perbedaan pandangan masyarakat mengenai putusan Mahkamah Konstitusi no 90/ 2023 Prabowo mengatakan bahwa putusan MK itu final. Tinggal rakyat yang menilai dan memutuskan untuk memilih pasangan calon yang mereka inginkan untuk menjadi pemimpinnya. 

Prabowo mempertegas bahwa demokrasi sejati adalah ketika rakyat memiliki kebebasan untuk memilih. Menekankan pentingnya rakyat dalam menentukan arah politik dan pembangunan negara. Memberikan hak suara yang adil dan terbuka untuk semua warga negara merupakan inti dari sebuah demokrasi yang sehat.

#6. Indonesia Maju dengan Kerja Nyata dan Tanpa Retorika

Seluruh pencapaian yang telah dilakukan oleh Jokowi dalam dua periode kepemimpinannya menjadi fondasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Keberlanjutan program pembangunan akan ditentukan oleh komitmen presiden yang terpilih dalam pilpres 2024. Jika tidak ada komitmen untuk melanjutkan maka banyak hal yang harus dikerjakan mulai dari nol lagi.  

Prabowo menekankan bahwa perkembangan Indonesia tidaklah tergantung pada kata-kata manis belaka. Alih-alih, kemajuan ini ditandai oleh kerja keras dan aksi nyata yang terukur. Pembangunan yang nyata, bukan hanya retorika, adalah kunci menuju kemajuan yang berkelanjutan.

#7. Tidak Perlu Saling Hina dan Mencela. Pentingkan persatuan atau rekonsiliasi. 

Ketika Pemilu usai segala perbedaan harus dikelola agar tidak menimbulkan perpecahan. Meski berbeda posisi politik dengan Jokowi, Prabowo akhirnya memutuskan menerima ajakan untuk bergabung ke Pemerintahan Jokowi demi persatuan bangsa. Sehingga Indonesia dapat menghadapi situasi sulit akibat pandemi bahkan melangkah maju menuju upaya meraih bonus demografi. 

Prabowo menyoroti pentingnya debat dan politik yang beradab tanpa perlu saling merendahkan atau mencela pihak lawan. Dialog yang konstruktif dan penuh dengan solusi menjadi prioritas dalam merumuskan kebijakan dan menyelesaikan masalah. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam berpolitik adalah kunci dalam membangun negara yang harmonis dan maju.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...