Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

BNI Xpora Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Dukungan Terhadap UMKM Menuju Pasar Global

Salah satu inisiatif yang patut diapresiasi adalah kegiatan BNI Exporters Forum yang diselenggarakan oleh BNI Xpora. Forum ini tidak hanya memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai prospek pasar ekspor di mancanegara kepada para pelaku UMKM, tetapi juga memberikan solusi terkait transaksi finansial, regulasi ekspor, dan pengetahuan baru yang sangat dibutuhkan.

Poin-poin penting : 

  1. BNI Xpora Mendukung Pertumbuhan UMKM Menuju Pasar Global : Melalui kerjasama dengan lembaga pemerintah dan penyelenggaraan kegiatan seperti BNI Exporters Forum, BNI Xpora memberikan dukungan berupa informasi, pelatihan, dan solusi finansial kepada UMKM.\
  2. BNI Exporters Forum: Wawasan dan Informasi Terkini untuk Pelaku UMKM: Forum ini menghadirkan narasumber kompeten dari berbagai lembaga pemerintah, seperti Kementerian Perdagangan dan Ditjen Bea dan Cukai, untuk memberikan informasi terkait prospek pasar, regulasi ekspor, transaksi finansial, dan pengetahuan baru.
  3. Dukungan BNI Xpora untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan: Dukungan ini berpotensi menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi tingkat pengangguran, serta mendongkrak devisa negara melalui ekspor produk-produk unggulan Indonesia.

Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, penting bagi suatu negara untuk memiliki sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang kuat sebagai salah satu pilar ekonomi yang berdaya saing. Di Indonesia, UMKM memiliki peran yang sangat vital dalam kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Namun, untuk dapat bersaing di pasar global, UMKM membutuhkan dukungan yang lebih besar dari berbagai pihak, termasuk lembaga keuangan dan pemerintah.

Salah satu inisiatif yang patut diapresiasi adalah kegiatan BNI Exporters Forum yang diselenggarakan oleh BNI Xpora. Forum ini tidak hanya memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai prospek pasar ekspor di mancanegara kepada para pelaku UMKM, tetapi juga memberikan solusi terkait transaksi finansial, regulasi ekspor, dan pengetahuan baru yang sangat dibutuhkan.

Pertama-tama, kegiatan ini mendorong pertumbuhan UMKM secara keseluruhan. Dengan memberikan akses kepada UMKM untuk memperoleh informasi mengenai pasar ekspor dan regulasinya, BNI Exporters Forum membantu UMKM untuk memahami peluang dan tantangan yang ada di pasar internasional. Hal ini akan membantu UMKM untuk mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik dan memperluas jangkauan pasar mereka, yang pada akhirnya akan meningkatkan skala usaha dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan ini juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di pasar global. Dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi pasar internasional, UMKM dapat menghasilkan produk yang lebih sesuai dengan permintaan global. Ini akan membantu UMKM untuk bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain dan meningkatkan pangsa pasar mereka di tingkat global.

Tidak hanya itu, dukungan yang diberikan oleh BNI Xpora melalui kegiatan ini juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran. Melalui pertumbuhan yang didorong oleh ekspansi bisnis ke pasar global, UMKM akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk memenuhi permintaan produksi yang meningkat. Ini akan membuka peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan secara tidak langsung mengurangi tingkat kemiskinan.

Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan seperti BNI Exporters Forum juga berpotensi untuk mendongkrak devisa negara melalui ekspor produk-produk unggulan Indonesia. Semakin banyak UMKM yang mampu menembus pasar global, semakin besar pula kontribusi mereka terhadap penerimaan devisa negara. Hal ini akan membantu meningkatkan stabilitas ekonomi negara dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan seperti BNI Exporters Forum memiliki dampak yang sangat positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui dukungan terhadap UMKM menuju pasar global. Dukungan yang diberikan tidak hanya membantu UMKM untuk berkembang, tetapi juga berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan daya saing, dan mendongkrak devisa negara. Oleh karena itu, langkah-langkah ini perlu terus didukung dan diperluas agar UMKM Indonesia dapat terus bersaing dan berkembang di pasar global yang semakin kompleks.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...