REDAKSI

MONDAYREVIEW.COM - Tidak hanya jalan, jaringan kereta api, jembatan, dan bangunan Indonesia juga membutuhkan infrastruktur digital. Disamping konektivitas logistik, Indonesia juga sangat membutuhkan konektivitas data. BUMN mengembangkan infrastruktur digital untuk mengoptimalkan potensi bisnis teknologi dan digitalisasi. Potensi bisnis yang sangat besar di masa kini dan masa yang akan datang. Tanpa infrastruktur digital yang handal maka keberlanjutan bisnis terancam disrupsi. 

Hal tersebut menjadi salah satu pokok pikiran yang berkembang dalam diskusi antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan kalangan civitas academica  Universitas Prima Indonesia.  Erick menyampaikan paparan bertajuk Tantangan dan Peluang SDM di Era Industri 5.0 pada Jumat (20/5/2022). Universitas Prima Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Medan, Sumatera Utara.

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk menciptakan atau memasarkan suatu produk. Potensi bisnis seperti industri e-commerce dinilai menghadapi tantangan ganda dalam mencapai tujuan sustainability. Penguatan infrastruktur digital handal, terintegrasi dan efisien pada data center menjadi kunci utama. 

Bisnis digital lainnya adalah Bisnis Afiliasi. Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain baik individu maupun perusahaan dengan imbalan berupa komisi. Pebisnis hanya perlu mendaftar di sebuah program afiliasi hingga kemudian mendapatkan kode referral atau tautan khusus. Selanjutnya, pelaku bisnis afiliasi bisa memasarkan produk tersebut di berbagai media seperti media sosial dan website.

Masih ada beragam bisnis berbasis teknologi dan digital seperti konsultan digital marketing, YouTuber & Podcaster, online learning & online teaching, pembuatan website, microsite, dan landing page, dan pengembangan aplikasi mobile. 

Bisnis pada umumnya juga berubah seiring digitalisasi yang merambah semua lini kehidupan manusia. Sehingga infrastruktur digital harus disiapkan baik oleh BUMN maupun kalangan swasta. Namun Pemerintah dan BUMN memiliki tanggung jawab besar mengingat dalam penyediaan infrastruktur.  

Pembangunan Data Center dan Cloud. Telkom sebagai salah satu BUMN strategis akan dan telah membangun infrastruktur digital untuk mendukung terbentuk ekosistem digital nasional. Menteri BUMN menekankan dalam berbagai kesempatan bahwa Indonesia harus memiliki ekosistem dan roadmap digital sendiri dan tidak bergantung pada negara lain. 

Investasi besar-besaran dalam pengembangan infrastruktur digital akan dilakukan Pemerintah. Saat ini pencapaian pengembangan jaringan fiber optik telah terbentang  sepanjang 165.805 km. Konektivitas jaringan FO Telkom Group ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam infrastruktur digital yang menjadi kebutuhan mendesak bagi dunia usaha. 

Disamping itu hal yang menggembirakan adalah telah dilakukan pembangunan dan instalasi jaringan 5G di 9 (sembilan) kota di Indonesia untuk mendukung industri 5.0 yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. Jaringan 5G menjadi salah satu tantangan dan tuntutan bagi suatu negara agar dapat menangkap peluang bisnis. 

Baca Juga
Member of Monday Media Group.
Copyright © 2021 MondayReview .
All rights reserved.
Privacy Policy | Contact