REDAKSI

MONDAYREVIEW.COM - Sejumlah BUMN memperlihatkan inovasi dan langkah maju yang signifikan dalam melayani kebutuhan publik. Termasuk diantaranya PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang menjadi andalan dalam melayani transportasi jarak dekat maupun jarak jauh. Kereta api juga menjadi moda transportasi yang relatif aman. 

Ribuan orang menggunakan jasa kereta api komuter untuk beraktivitas setiap hari. Sekira 20 juta orang pelanggan kereta api jarak jauh yang terlayani setiap bulannya pada paruh pertama tahun 2022 ini. Denyut ekonomi masyarakat tidak terlepas dari ketersediaan layanan transportasi. Kala pandemi berada di puncak penularan dampaknya sangat terasa pada mobilitas masyarakat. Pelanggan kereta api juga menurun drastis. 

Kini pelanggan kereta api mulai naik signifikan. Meski pandemi masih mengintai dan protokol kesehatan kembali diperketat. Pihak kereta api pun berupaya keras agar dapat melayani pelanggan di tengah situasi yang belum sepenuhnya pulih. Untuk itulah dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, KAI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. 

Transformasi BUMN Kereta Api telah meniscayakan hadirnya inovasi, kolaborasi, dan sinergi antar BUMN. Disamping itu juga antara BUMN dengan Pemerintah Daerah. Langkah yang dilakukan KAI sesuai dengan arahan dan visi Menteri BUMN Erick Thohir. Kehadiran KAI sebagai layanan yang optimal dalam memenuhi kebutuhan pelanggan semakin dirasakan dari hari ke hari.  

Kolaborasi sangat penting dalam penyediaan layanan transportasi publik. Untuk mencapai stasiun kereta api dan sebaliknya sebagian besar pelanggan memerlukan moda transportasi lainnya. Maka pada 2 Februari 2022, KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antar moda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI. Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.
 
KAI juga bekerjasama dengan pemerintah daerah. Pada 15 Juni 2022, KAI bersama dengan Transjakarta melakukan kolaborasi strategis yang meliputi sistem integrasi antarmoda, pengembangan usaha transportasi terpadu, dan pengembangan kawasan berorientasi transit.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume pelanggan KA Jarak Jauh pada Semester I 2022 yaitu 119,8 juta pelanggan, naik 42% dibanding Semester I 2021 sebanyak 84,1 juta pelanggan. 

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinu kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api. 

Volume pelanggan pada Semester I 2022 didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek dimana jumlahnya mencapai 89,9 juta pelanggan. Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

Untuk mengajak masyarakat menggunakan kereta api, KAI menyelenggarakan 2 event promo tiket yaitu KAI Access Online Travel Fair pada 27 s.d 29 Maret 2022 dan KAI Access Ramadan Festive 2022 pada 19-21 April 2022. Total sebanyak 82 ribu tiket dengan potongan harga khusus KAI hadirkan bagi pelanggan untuk kedua event promo tersebut.

Baca Juga
Member of Monday Media Group.
Copyright © 2021 MondayReview .
All rights reserved.
Privacy Policy | Contact