REDAKSI

MONDAYREVIEW.COM - Komitmen Erick Thohir sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah mulai terlihat dalam langkah-langkah nyata.  Dalam beberapa kesempatan Erick mengungkapkan tentang pentingnya membenahi industri halal di Indonesia. 

"Kita tidak bisa biarkan (Indonesia sebagai) negara muslim terbesar tapi industri halalnya tidak masuk di 10 besar produsen dunia. Memang ada yang salah, tapi kita bukan saling menyalahkan. Ini saatnya introspeksi untuk membangun industri halal kita lebih baik lagi," tutur Erick pada (15/5/2022) lalu. 

Salah satu tonggak dalam membangun ekonomi syariah dan industri halal adalah berdirinya Bank Syariah Indonesia (BSI). Langkah ini menjadi bagian dari transformasi BUMN di sektor keuangan khususnya perbankan. Dengan aset yang cukup besar BSI semakin diperhitungkan tidak hanya di skala nasional.  

"BSI ini kami dorong untuk membangun kembali industri halal di Indonesia agar bisa menjadi pemain untuk melayani umat kita di Indonesia, tetapi juga melayani umat lainnya di dunia," ujar Erick pada (27/3/2022) di Palembang. 

Agenda pembangunan ekonomi syariah di Indonesia semakin jelas. Sejumlah program telah berjalan. Demikian terungkap dalam rapat pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang telah dilaksanakan pada, Senin (30/5).

Pada kesempatan itu Wakil Presiden Maruf Amin memastikan akan membangun Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh provinsi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia di tahun 2024. 

“Kita akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah dengan membangun komite daerah ekonomi dan keuangan syariah di seluruh provinsi,” ungkap Wapres.

Sebelumnya Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyiapkan Masterplan Industri Halal pada 2022 sebagai langkah strategis dalam mempercepat pembangunan industri produk halal di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah perlu mempercepat pembangunan kawasan ekonomi syariah. Ini dipandang penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

"Di dalam rapat hari ini di dalam rangka untuk terus mempercepat berbagai program reguler maupun program prioritas," kata Menteri dalam konferensi pers hasil Rapat Pleno KNEKS, Senin (30/5/2022).

Sebelumnya pada (12/4/2022) Erick Thohir mengungkapkan bahwa ekonomi syariah yang terus tumbuh, bahkan di atas pertumbuhan ekonomi konvensional, baik dari aspek pertumbuhan aset, pembiayaan hingga pertumbuhan dana pihak ketiga yang tentu ini semakin membuktikan peranan penting perekonomian syariah bagi Indonesia .

"Kita ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil," ujar Erick.

Baca Juga
Member of Monday Media Group.
Copyright © 2021 MondayReview .
All rights reserved.
Privacy Policy | Contact