REDAKSI

MONDAYREVIEW.COM - Selebritis Raffi Ahmad menilai anak-anak muda zaman sekarang belum sepenuhnya cinta terhadap budaya Indonesia. Oleh sebab itu, lewat acara Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara, suami Nagita Slavina itu mengajak generasi muda gaul dengan budaya Indonesia.

"Anak-anak zaman sekarang jangan cuma gaul dengan budaya Barat, tapi cobalah kita sama-sama bawa budaya Indonesia ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga budaya Indonesia tetap lestari," ajak Raffi Ahmad saat konferensi pers Jagantara, Ashta District 8 SCBD, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Raffi Ahmad juga mengatakan bahwa mall seperti Ashta yang mana itu adalah tempatnya anak gaul berkumpul harus bisa jadi lingkungan yang baik melestarikan budaya. Artinya, tidak ada salahnya, lho, untuk nongkrong sama teman atau sahabat dengan busana bernuansa wastra Nusantara.

"Dengan begitu kita akan lebih peka akan budaya Indonesia. Tidak ada lagi anggapan kolot buat siapa pun yang mau pakai batik, kain, atau wastra Nusantara lainnya untuk tujuan sekadar gaul," katanya.

Di Jagantara sendiri, kata Raffi yang juga merupakan salah satu Founder WBI Foundation, masyarakat bisa 'dimelekkin' lagi soal budaya Indonesia yang mungkin sudah mulai kurang populer. Makanya, Jagantara dikemas se-young mungkin agar generasi muda bisa lebih tertarik untuk mengenal dan pada akhirnya mau berkontribusi dalam melestarikan budaya Indonesia.

"Di Jagantara, Anda bisa lihat lagi mainan tradisional yang mungkin anak-anak zaman sekarang enggak pernah lihat sebelumnya. Selain itu, banyak juga camilan masa kecil ataupun fashion dari wastra Nusantara yang benar-benar jadi pengingat kita semua bahwa budaya Indonesia begitu beragam dan patut dijaga supaya generasi penerus tetap tahu akan semua warisan ini," kata Raffi Ahmad.

Sementara Founder WBI Foundation Gista Wishnutama mengatakan bahwa Jagantara memang dikemas dengan taste anak muda, sehingga generasi penerus bangsa bisa kenal budaya Indonesia karena dekat dengan kehidupan mereka.

"Kami kemas Jagantara sedemikian rupa sehingga anak muda tertarik dengan budaya Indonesia. Ini langkah yang baik untuk melestarikan budaya dengan gaya kekinian tapi tetap tidak menghilangkan nilai dari budaya itu sendiri," tuturnya.

Baca Juga
Member of Monday Media Group.
Copyright © 2021 MondayReview .
All rights reserved.
Privacy Policy | Contact