Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Highlight Gagasan Prabowo-Gibran Sepanjang Kampanye 

Di media massa dan media sosial gerak dan denyut kampanye itu teramplifikasi dengan kuat. Hiruk-pikuk tanggapan atas debat putaran pertama berkelindan dengan berita dan ulasan kegiatan kandidat menemui berbagai kalangan dengan agenda yang beragam. Tim kampanye harus memastikan bagaimana popularitas kandidat yang mereka usung dapat terkonversi menjadi elektabilitas.

Kampanye calon presiden dan wakil presiden terus bergulir. Adu gagasan dan konsolidasi konstituen dilakukan tanpa henti oleh para kandidat. Basis-basis potensial pendulang suara disapa dan dimantapkan agar semakin solid mendongkrak elektabilitas. Jargon-jargon kampanye bertebaran di spanduk-spanduk dan baliho-baliho.  

Di media massa dan media sosial gerak dan denyut kampanye itu teramplifikasi dengan kuat. Hiruk-pikuk tanggapan atas debat putaran pertama berkelindan dengan berita dan ulasan kegiatan kandidat menemui berbagai kalangan dengan agenda yang beragam. Tim kampanye harus memastikan bagaimana popularitas kandidat yang mereka usung dapat terkonversi menjadi elektabilitas. 

Setidaknya ada 7 (tujuh) hal penting yang menjadi catatan perjalanan kampanye Prabowo-Gibran yang digarisbawahi mondayreview.com pada pekan pertama masa kampanye.

Pertama  soal pemberantasan kemiskinan dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat, pemerataan ekonomi, kredit produktif berbunga rendah, dan kerjasama perdagangan dengan memperluas pasar ekspor. 

Pemberantasan kemiskinan dapat dilakukan melalui beberapa strategi, seperti pertumbuhan ekonomi yang kuat, pemerataan ekonomi, kredit produktif berbunga rendah, dan kerjasama perdagangan dengan memperluas pasar ekspor. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang terkait dengan pemberantasan kemiskinan:

Pemerintah Indonesia telah mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan. Pertumbuhan ekonomi ini juga berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan secara signifikan, terutama di daerah perdesaan yang banyak terdapat kantong-kantong kemiskinan. Pemerintah harus meningkatkan pemerataan ekonomi untuk menciptakan kesediaan sumber daya manusia dan teknologi yang diperlukan dalam proses produksi.

Terkait Kredit Produktif Berbunga Rendah kita perlu mengurangi biaya produksi dengan menyediakan kredit produktif dengan rendah akan membantu masyarakat, terutama petani dan nelayan skala kecil, dalam meningkatkan produksi dan pendapatan.  Di sisi lain kerjasama perdagangan dengan memperluas pasar ekspor akan membantu meningkatkan permintaan produksi dan pendapatan masyarakat, sehingga mengurangi kemiskinan. 

Dalam mengeksekusi pemberantasan kemiskinan, penting untuk memperhatikan bahwa kemiskinan juga terjadi karena kondisi alamiah dan ekonomi, kondisi struktural dan sosial, serta kondisi kultural (budaya). Oleh karena itu, upaya penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia harus dilakukan dari hulu ke hilir, mengingat kemiskinan dan ketimpangan tak hanya sekadar kondisi pendapatan yang rendah, tetapi juga akses dan kemampuan masyarakat untuk terus mempertahankan kondisi ekonomi.

Kedua, Pemenuhan gizi terutama bagi anak usia dini dan usia sekolah yang diwujudkan dalam makan siang gratis dan minum susu. Pemenuhan gizi terutama bagi anak usia dini dan usia sekolah dapat diwujudkan melalui program makan siang gratis dan minum susu. Program makan siang gratis dan minum susu merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan dan gizi anak-anak Indonesia. Selain itu, program ini juga dapat membantu mengurangi angka kemiskinan dengan memberikan akses makanan yang cukup bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, perlu diingat bahwa pemenuhan gizi tidak hanya tergantung pada program pemerintah, tetapi juga peran orang tua dalam memberikan asupan makanan yang seimbang dan bergizi bagi anak-anak. 

Ketiga, Hilirisasi, kemandirian dan kedaulatan menuju 5 besar ekonomi dunia. 

Hilirisasi adalah suatu proses pengolahan produk yang dilakukan di dalam negeri untuk menambah nilai tambah pada produk tersebut sebelum dijual ke luar negeri. Proses hilirisasi dapat dilakukan pada berbagai sektor, seperti sektor pertanian, perikanan, dan industri. 

Dalam konteks ekonomi dunia, kemandirian merujuk pada kemampuan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri tanpa bergantung pada negara lain. 

Sementara itu, kedaulatan mengacu pada kontrol penuh atas sumber daya ekonomi dan kebijakan dalam negeri tanpa campur tangan dari pihak asing. Kemandirian dan kedaulatan ekonomi menjadi penting dalam memastikan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, dan kebijakan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dalam negeri.  

Upaya mencapai kemandirian dan kedaulatan ekonomi dapat melibatkan berbagai aspek, termasuk kebijakan perdagangan, investasi dalam sumber daya manusia, pengembangan sektor ekonomi, dan penguatan infrastruktur. 

Keempat, realitas demokrasi di Indonesia dan semangat persatuan.  Pesan dan komitmen ini mewarnai kampanye Prabowo Gibran. Dalam beberapa kesempatan Prabowo menyampaikan komitmennya untuk membawa Indonesia pada kehidupan berbangsa yang demokratis. Prabowo juga mengungkap bahwa pasca reformasi kehidupan demokratis telah mewarnai politik Indonesia sehingga Pemilu dan Pemilukada membuka kesempatan bagi para kandidat pemimpin untuk berlaga secara terbuka. 

Prabowo juga memperlihatkan sikapnya yang jelas pada komitmen persatuan bangsa. Rekonsiliasi politik pasca keterbelahan masyarakat akibat Pilpres 2019 menjadi bukti  nyata bahwa Prabowo mementingkan persatuan bangsa di atas kepentingan pribadi. 

Kelima, Keberlanjutan kebijakan pro rakyat. Isu keberlanjutan program Pemerintahan tidak hanya atas kebijakan Pemerintahan Joko Widodo. Prabowo berkomitmen untuk melanjutkan berbagai capaian positif para pemimpin bangsa dengan kelebihan dan keunggulanya masing-masing. 

Dalam melanjutkan program-program pro rakyat Prabowo akan menata kembali pengorganisasian pemerintahan dan menyempurnakan serta menuntaskan program strategis termasuk Ibukota Negara (IKN), infrastruktur, pendidikan berkualitas, pemberantasan kemiskinan, dan berbagai kebijakan pro rakyat.  

Keenam, Kedekatan dengan berbagai kalangan. Prabowo dan Gibran membuka komunikasi politik dengan kalangan ulama dan santri, tokoh masyarakat, para pegiat sosial dan budaya, pengusaha, buruh, dan elemen lainnya di berbagai penjuru Tanah Air.  

Ketujuh, Dukungan arus bawah dan legitimasi politik yang kuat. Prabowo sering mengungkapkan kalimat “Saya akan minta mandat dari rakyat”. Melalui pemilu yang demokratis Prabowo ingin menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin nasional dengan tetap memegang teguh konsitusi. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...