Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Isu Panas Ekonomi 2023

Peristiwa yang mencengangkan masyarakat adalah sepinya Tanah Abang, pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Lorong-lorong yang biasanya ramai kini lengang karena fenomena TikTok Shop.

Tahun 2023 menjadi panggung bagi sejumlah peristiwa ekonomi dan bisnis yang menciptakan gelombang perubahan bagi Indonesia. Dalam sorotan tersebut, terdapat tiga peristiwa utama yang mencuat, memberikan dampak signifikan pada dinamika ekonomi tanah air.

Fenomena TikTok Shop dan Dampaknya pada Tanah Abang

Peristiwa yang mencengangkan masyarakat adalah sepinya Tanah Abang, pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Lorong-lorong yang biasanya ramai kini lengang karena fenomena TikTok Shop. Industri tekstil terdampak serius dengan minimnya pesanan baik untuk pasar ekspor maupun domestik. E-commerce dan social commerce, khususnya fitur live shopping, serta praktik predatory pricing menjadi sorotan utama.

Pemerintah bereaksi dengan merevisi aturan, menegaskan izin edar, sertifikasi, dan kontrol ketat terhadap barang impor. Pelarangan transaksi jual beli di media sosial pun diberlakukan. Meski TikTok Shop berupaya memperbaharui regulasinya, sektor tekstil masih dalam proses pemulihan.

Kenaikan Harga Beras Akibat Musim Kemarau

Indonesia terkena dampak musim kemarau akibat fenomena El Nino. Gagal panen di pusat penghasil beras dunia mengakibatkan kenaikan harga beras lebih dari 20% sepanjang tahun. Pemerintah memperkirakan kondisi El Nino akan berlanjut hingga tahun 2024, membuat panen petani lokal mengalami paceklik. Impor beras menjadi opsi untuk menjaga ketersediaan, harga beras menunjukkan penurunan signifikan.

Kemitraan ASEAN dan Sentimen Global

Kepemimpinan Indonesia dalam KTT ASEAN pada 2023 menghasilkan kesepakatan penting untuk memperkuat ketahanan dan kemampuan ASEAN. Kesepakatan terkait pengembangan kendaraan listrik, kerja sama mata uang lokal, dan perjanjian ketahanan pangan dengan Australia menjadi sorotan utama.

Pengaruh Kebijakan The Federal Reserve

Kebijakan suku bunga The Federal Reserve Amerika Serikat mempertahankan level tertinggi sejak 2001, memberikan sinyal potensi pemotongan suku bunga. Ini mempengaruhi dinamika ekonomi global, termasuk Indonesia.

Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi dan Strategi Menghadapi Inflasi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat, mencapai sekitar 4,94% year on year di Kuartal 3. Hal ini dipengaruhi oleh turunnya harga komoditas ekspor unggulan. Inflasi didominasi oleh kenaikan harga komoditas pangan, yang meresahkan masyarakat.

Strategi bantuan pangan menjadi kunci untuk meredam laju inflasi. Bank Indonesia menetapkan target inflasi untuk tahun 2024 dalam kisaran 1,5% hingga 3,5%.

Proyeksi dan Tantangan ke Depan

Tahun 2023 membawa sejumlah tantangan dan keputusan penting bagi Indonesia. Dari pengelolaan e-commerce hingga strategi pengendalian inflasi, kita terus beradaptasi dengan dinamika global. Tantangan akan terus ada, namun langkah-langkah strategis yang diambil menjadi landasan untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan di masa depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...