Connect with us

Hi, what are you looking for?

Perspektif

Telkom Indonesia: Melangkah ke Depan dengan Keterbukaan Informasi

Keunggulan Telkom Indonesia dalam penanganan krisis dan pengelolaan hubungan dengan media tidak diragukan lagi. Dalam BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, Telkom Indonesia (Persero) Tbk meraih posisi pertama dalam Best Crisis Handling BUMN, dan posisi kedua dalam Media Relationship Management.

Kita berada di zaman kejayaan informasi. siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia. Sumberdaya informasi menjadi penentu dalam kompetisi di berbagai lini. Di sisi lain keterbukaan informasi menjadi salah satu ciri khas era ini. Semua serba terbuka termasuk dalam dunia usaha khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Publik memiliki hak untuk mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik secara luas. 

Apalagi ada Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sebagai regulasi yang mengatur hak warga negara untuk mengakses informasi publik yang dimiliki oleh badan publik, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). UU KIP memiliki tujuan utama untuk mendorong transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan. Relevansi UU KIP bagi BUMN sangatlah penting karena BUMN adalah bagian dari badan publik yang dimiliki oleh negara atau pemerintah.

Di era dimana informasi adalah kekuatan, perusahaan yang mampu mengelola dan menyediakan informasi dengan transparan menjadi sorotan utama. Telkom Indonesia, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di industri telekomunikasi, telah menjadi teladan dalam menerapkan keterbukaan informasi. 

Keunggulan Telkom Indonesia dalam penanganan krisis dan pengelolaan hubungan dengan media tidak diragukan lagi. Dalam BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, Telkom Indonesia (Persero) Tbk meraih posisi pertama dalam Best Crisis Handling BUMN, dan posisi kedua dalam Media Relationship Management. Disamping dua penghargaan lain terkait pengembangan UMKM dan perannya sebagai fasilitator bagi program Rumah BUMN. 

Dibalik jaringan yang luas dan teknologi canggihnya, Telkom mendedikasikan dirinya untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, investor, dan masyarakat dengan mengadopsi prinsip keterbukaan informasi. Dalam esai ini, kita akan menjelajahi bagaimana Telkom Indonesia memimpin dengan contoh dalam menerapkan keterbukaan informasi, menjaga kepercayaan publik, dan memajukan diri ke arah yang lebih baik dalam era digital yang terus berkembang.

Di tengah arus informasi yang terus mengalir, keterbukaan menjadi kunci untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat antara perusahaan dengan pemangku kepentingan. Telkom Indonesia, sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang beroperasi dalam industri telekomunikasi, telah menjadikan keterbukaan informasi sebagai fondasi utama dalam setiap aspek bisnisnya. Tulisan singkat ini  akan menelusuri strategi, praktik, dan dampak keterbukaan informasi yang telah Telkom lakukan, serta bagaimana hal ini menggambarkan komitmen perusahaan untuk terus maju ke depan.

Visi Telkom Indonesia sebagai perusahaan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia tidak hanya berkaitan dengan aspek teknis, tetapi juga dengan nilai-nilai etika bisnis yang kuat, di antaranya adalah keterbukaan informasi. Perusahaan ini telah memperkenalkan kebijakan dan praktik yang mendukung akses terhadap informasi, memastikan bahwa informasi yang relevan tersedia bagi semua pemangku kepentingan. Telkom Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam teknologi telekomunikasi, tetapi juga sebagai pelopor dalam keterbukaan informasi. 

Telkom Indonesia telah mengembangkan berbagai strategi untuk mempromosikan keterbukaan informasi dalam semua lini bisnisnya. Salah satu langkah utama yang diambil oleh perusahaan adalah memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik, baik melalui media sosial, situs web, atau laporan tahunan, adalah akurat, jelas, dan mudah diakses. Telkom juga aktif dalam berkomunikasi dua arah dengan pemangku kepentingan, memastikan bahwa umpan balik dan pertanyaan dari masyarakat didengar dan ditanggapi secara tepat waktu.

Salah satu aspek yang menonjol dari keterbukaan informasi Telkom Indonesia adalah dalam penanganan krisis. Dalam situasi yang menuntut seperti gangguan layanan atau insiden keamanan, Telkom tidak hanya mengandalkan strategi reaktif, tetapi juga proaktif dalam menyediakan informasi yang jelas dan akurat kepada publik. Langkah-langkah ini membantu membangun kepercayaan dan mengurangi dampak negatif dari situasi krisis.

Penerapan keterbukaan informasi oleh Telkom Indonesia telah memberikan dampak positif yang signifikan. Dengan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, investor, dan masyarakat, perusahaan ini telah meningkatkan reputasinya sebagai salah satu pemimpin di industri telekomunikasi. Keterbukaan informasi juga telah memungkinkan Telkom untuk mendapatkan umpan balik yang berharga dari pemangku kepentingan, yang kemudian digunakan untuk memperbaiki layanan dan memperluas cakupan operasionalnya.

Jadi, Telkom Indonesia adalah contoh nyata bagaimana keterbukaan informasi dapat menjadi pilar utama dalam kesuksesan sebuah perusahaan di era digital. Dengan mengadopsi strategi dan praktik keterbukaan informasi yang efektif, Telkom telah mampu memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan, membangun reputasi yang kuat, dan terus maju ke arah yang lebih baik. Sebagai pelajaran bagi perusahaan lain, Telkom Indonesia menunjukkan bahwa keterbukaan informasi bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi juga merupakan investasi yang bernilai dalam membangun masa depan yang berkelanjutan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Perspektif

Mengejutkan sekaligus membanggakan, film berjudul ‘Autobiography’ akhirnya mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Piala Oscar 2024. Mengejutkan, karena meski merupakan karya perdana Makbul Mubarak, namun...

Vidiopedia

Freeport-McMoRan, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia. Sejak lama, perusahaan ini jadi sorotan karena masalah...

Ragam

Diantara butir pernyataannya Muhammadiyah menegaskan agar Israel tidak menjadikan perang ini sebagai alasan untuk terus melakukan aneksasi dan agresi ke wilayah Palestina, menghimbau agar...

Perspektif

Perdebatan yang selama ini berkembang menempatkan politik identitas seakan sama dengan identitas politik. Dengan pernyataan ini maka akan ada reaksi dari pendukung Cak Imin...